(Foto: Ketua PPDB SMAN 3 Mataram Faizin, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Dikbud NTB) memberikan tambahan kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 untuk SMA dan SMK Negeri.

Salah satunya SMAN 3 Mataram (SMANTI), sama dengan tahun lalu PPDB namun tentunya mengalami peningkatan, yaitu dari jumlah kelurahannya yang bertambah.

Ketua PPDB SMAN 3 Mataram Faizin, M. Pd, ketika dikonfirmasi media mengatakan PPDB disekolah ini sama seperti tahun sebelumnya, yang membedakan hanya jumlah Kelurahannya. (22/06/2023)

"Untuk tahun ini sama dengan tahun sebelumnya hanya yang membedakannya adalah jumlah kelurahannya yang ditambah ya sekarang itu jadi 18 kelurahan, kalau tahun sebelumnya itu 15 kelurahan, hal ini tidak lepas dari animo masyarakat dan berdasarkan hasil dari pemetaan," ungkap Faizin.

Lalu untuk mekanisme-mekanisme yang lain maupun kota yang lain sama dengan pola yang sebelumnya.

Lebih lanjut Faizin menjelaskan, dari Dikbud NTB, SMAN 3 Mataram mendapat kuota sebanyak 288 orang dengan 9 rombongan belajar (rombel), dan untuk tahun ini sekolah akan menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka.

"Terkait pelajaran yang ada di SMA juga hampir sama dengan yang ada di SMK, contohnya dengan adanya pelajaran dari seni budaya dan kewirausahaan. Kelas kewirausahaan ini tentunya untuk kelas 10 karena dipilih berdasarkan sumber daya yang ada," terangnya.

"Untuk tahun ini kami terapkan karena sumber daya manusianya ada, dan nanti pilihan yang berikutnya itu yang seni budaya akan dihentikan dulu, soalnya di seni budaya terbatas," sambung Faizin.

Faizin berharap agar bertambahnya animo masyarakat dari tahun sebelumnya karena jangkauan zonasinya bertambah. Total PPDB di SMAN 3 Mataram sudah berjumlah hampir 300 pendaftar dari empat kategori.

"Namun, untuk tahun ini karena nambahnya jangkauan zonasi bisa melebihi dari itu. Sekolah hanya mengikuti regulasi, namun ketentuan secara by sistem, tugas kami hanya memvalidasi dokumen yang dimasukkan oleh para pendaftar," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01