(Foto: Bupati Sumbawa H. Drs. Mahmud Abdullah saat menerima rombongan PIDI yang akan berada selama 1 tahun di Kabupaten Sumbawa)


Sumbawa - Reportase7.com

Bupati Sumbawa H. Drs. Mahmud Abdullah didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaedi, S. Si., Apt., M. Si, menerima kunjungan 9 dokter dalam kegiatan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) dari berbagai Universitas. Bupati Sumbawa menerima rombongan dokter tersebut di ruang kerjanya.

Para dokter tersebut akan berada di Sumbawa Besar selama 1 tahun dengan wahana utama RSUD Sumbawa dan wahana satelit Puskesmas Unit 1 Sumbawa. (29/05/2023)

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah berharap selama bertugas di Sumbawa agar tidak ada rasa takut dan dapat melayani masyarakat sumbawa dengan baik.

Ia berpesan agar para dokter internship dapat belajar dan  mengenal perilaku masyarakat sumbawa karena masing-masing daerah memiliki kebiasaan yang berbeda, yang terpenting adalah dapat menjaga sikap atau dapat  menempatkan diri dalam masyarakat itulah kuncinya.

Dokter internship dikenal juga sebagai dokter magang berdasarkan definisi dari Kemenkes program internship dokter adalah pemahiran serta pemandirian dokter baru lulus pendidikan untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan.

"Internship dilakukan supaya dokter bisa siap dan mahir jika menjalankan praktik mandiri," ujarnya.

Kegiatan internship untuk para dokter merupakan hal yang diatur negara melalui Undang-undang (UU) Praktik Kedokteran.

Selain itu, program internship dokter juga diwajibkan oleh World Federation Of Medical Education, yaitu sebuah lembaga pendidikan dokter dibawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01