(Foto: Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Purni Susanto)


Mataram - Reportase7.com

Ditahun 2023 ini, siswa siswi sekolah jenjang SD, SMP, SMA atau SMK di berbagai daerah tengah sedang menanti tanggal kelulusannya. Siswa-siswi SD, SMP, SMA atau SMK juga telah menginjak semester genap dan telah melewati berbagai ujian yang ada di sekolahnya.

Dari hal tersebut dapat di ketahui bahwa tanggal kelulusan siswa siswi SD, SMP, SMK,L, atau SMK sudah mendekati jadwalnya.

Jadwal kelulusan jenjang SMA, SMA Luar Biasa (SMALB), SMK, dan Paket C ditetapkan pada 5 Mei 2023. Keputusan ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, melalui Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Purni Susanto membenarkan tanggal kelulusan tersebut, Senin (10/04/2023).

“Iya benar, sudah ditetapkan untuk jenjang SMA/SMALB/SMK/Paket C tanggal 5 Mei 2023. Keputusannya ditetapkan secara nasional,” ungkap Purni.

Purni menerangkan bahwa, jadwal kelulusan ini ditetapkan melalui Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbusridtek.

Hal ini sudah sesuai Peraturan Kepala (BSKAP) Kemendikbudristek tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Serta, telah diatur juga pada Kalender Pendidikan Dinas Dikbud NTB, terang Purni.

Dikarenakan jadwal kelulusan telah ditetapkan, sekolah diminta agar mengirimkan nilai akhirnya ke Dikbud NTB sampai dengan tanggal 25 April 2023.

"Ia menambahkan Ujian Sekolah bagi kelas XII jenjang SMA ini sudah selesai. Beberapa sekolah juga sudah selesai mengoreksi hasil ujian. Maka, kami memberikan batas waktu untuk penyerahan nilai sampai 25 April 2023,” imbuhnya.

Dikbud NTB juga telah memberikan batas waktu kepada pihak sekolah. Batas waktu yang diberikan ini 10 hari sebelum penetapan kelulusan di sekolah, yakni tanggal 5 Mei. Jadi cukup, terlebih lagi pelaksanaan ujian sekolah susulan selesai minggu ini.

Terkait ijazah bagi siswa kelas XII, masih dalam proses pencetakan blangko ijazahnya. Blangko ijazahnya biasanya datang setelah pengumuman kelulusan.

Jadi, sekarang masih proses pencetakan dan nanti langsung dikirim oleh percetakan di Dikbud. Penerimaannya harus ditandatangani oleh tim untuk berita acara serah terimanya.

Sementara untuk kegiatan pelepasan siswa kelas akhir dari satuan pendidikan dilaksanakan paling cepat tanggal 5 Mei 2023.

Pelaksanaan ujian sekolah jenjang SMA sesuai dengan kalender pendidikan Dinas Dikbud NTB yaitu ujian sekolah utama pada 13-21 Maret 2023.

Sementara ujian sekolah susulan dijadwalkan pada 3-8 April 2023. Satuan pendidikan menyesuaikan pelaksanaannya sesuai dengan kondisi dan kesiapan serta penjadwalan sudah termasuk untuk kegiatan praktikum. Maka, untuk kebutuhan pendaftaran maupun daftar ulang bagi lulusan 2023, akan diberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) dahulu.

“Sambil menunggu ijazah, sekolah nanti mengeluarkan SKL sebagai tanda resmi bahwa sudah pada lulus,” pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01