(Foto: Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Lomba Kompetensi Siswa atau LKS adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta oleh pusat prestasi nasional - kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia.

Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Seperti halnya di NTB untuk pelaksanaan LKS ini akan digelar secara bersamaan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK yang diadakan setiap tahun dan sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya.

Kepala Dinas Dikbud Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd ketika ditemui media, Rabu (12/4/2023) menyampaikan ingin digelar sebagai rangkaian dari Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2023.

"Ia menuturkan kegiatan tersebut lebih mengutamakan untuk mencari siswa terbaik di kompetensi keahliannya masing-masing, dan di Kota Mataram telah dijadwalkan untuk pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi itu pada tanggal 5-6 Juni 2023, tadinya kami ingin satukan dengan LKS, namun ternyata dari pihak OSN pusatnya telah menentukkan jadwal dan tidak bisa diubah," terang Aidy.

"Untuk tahun ini pelaksanaan OSN dan LKS ditempatkan di Lombok Timur. Kegiatan ini juga akan diagendakan dengan karnaval budaya yang diikuti oleh peserta siswa siswi sekolah dan anak-anak pesantren, disertai dengan adanya expo dari SMK," imbuhnya.

Expo ini juga akan digelar di cabang dinas sebagai pengamanan dan hiburan. Kalau misalkan nanti dengan judul otomotif maka akan ditempatkan di SMK 1 dan SMK 3, lalu untuk pariwisata, kecantikan akan ditempatkan di SMK 2.

"Untuk OSN nantinya akan menggabungkan sekolah-sekolah yang ada di NTB, karena akan dibutuhkan setidaknya 300 unit komputer dan pelaksanaannya dilakukan di satu tempat," tutup Aidy.

Pemenang LKS tingkat nasional nantinya akan mewakili Indonesia ke Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN hingga Tingkat Dunia. Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi dan tentunya siswa-siswi terbaik dari sekolahnya masing-masing.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01