(Foto: Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Nur Ahmad, S. Pd., M. Pd)


Mataram - Reportase7.com
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memastikan pelaksanaan seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tetap berlanjut di 2023. (28/04/2023)

Saat ini Pemerintah daerah diminta mengusulkan formasi guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sesuai kebutuhan dan pengusulan formasi PPPK untuk tahun 2023 akan ditutup pada 30 April 2023 mendatang.

Hal inilah yang dilakukan Dikbud NTB untuk merekapitulasi usulan formasi guru PPPK yang akan diserahkan ke BKD Provinsi NTB.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Nur Ahmad, S. Pd., M. Pd, mengatakan, pihaknya saat ini sedang merekapitulasi usulan formasi guru untuk PPPK tahun 2023.

“Saat ini sedang rekapitulasi jumlah usulan formasi, setelah selesai akan diserahkan ke BKD Provinsi NTB. Dan untuk targetnya belum bisa saya sampaikan karena belum fix (pasti),” ujarnya," ujar Nur Ahmad.

Di tempat terpisah sebelumnya, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) NTB, Drs. Suka, M.Pd., pada Jumat (31/3) membenarkan akan dibukanya seleksi PPPK tahun 2023.

“Tahun 2023 kembali dibuka, target (seleksi PPPK) sampai 2024,” jelas Suka.

Suka sebagai Kepala BGP NTB yang merupakan UPT Kemendikbudristek di NTB menyebutkan, total kebutuhan mencapai 601.286 formasi ASN Guru PPPK.

“Mohon agar pemda bisa mencapai kebutuhan guru kita, Karena tanpa usulan pemda akan sulit sekali menyelesaikan masalah guru honorer,” Prof. Nunuk Suryani selaku Dirjen GTK Kemendikbudristek dalam keterangan persnya.

Ia menyebutkan, kebutuhan ASN PPPK guru di tahun 2023 merupakan sisa kebutuhan formasi tahun 2022 dan ada puluhan ribu guru ASN yang akan pensiun di tahun 2024.

Di tahun ini, dia berharap formasi dapat diusulkan sesuai dengan kebutuhan untuk pemenuhan guru ASN PPPK guru.

Hasil seleksi calon PPPK guru tahun 2022, sebanyak 2.327 orang dinyatakan lulus seleksi calon PPPK jabatan fungsional guru di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB tahun anggaran 2022. Dengan rincian 1.352 guru jenjang SMA, 938 guru SMK, dan 37 orang guru SLB.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01