(Foto: Kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz)


Mataram - Reportase7.com

Sebagai upaya mewujudkan sikap toleransi dan kerukunan umat beragama di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB akan mengukuhkan 2.302 orang Relawan Moderasi (RELASI). Pengukuhan RELASI akan dilakukan  pada bulan Mei 2023 langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Rapat Persiapan di tingkat Kanwil Kemenag NTB yang dilaksanakan, (Jum'at, 28/04/2023) di Aula Pertemuan MAN 2 Mataram, Jl. Pendidikan Nomor 25 Mataram yang dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang Unit Eselon III Kanwil Kemenag NTB, Kasi Kanwil Kemenag NTB, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota Se-NTB, Kasi Penmad Kankemenag Kab/Kota Se-NTB, Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab/Kota Se-NTB, Kepala MAN/MTsN/MIN Se Pulau Lombok dan Kepala KUA Kecamatan Se-Pulau Lombok.

Untuk diketahui, Penguatan Moderasi Beragama diperlukan untuk meneguhkan semangat toleransi dalam kehidupan beragama sehingga tercipta kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara yang toleran, rukun dan harmonis, khususnya di Provinsi NTB.                                        
"Salah satu program Kakanwil Kemenag NTB dalam penguatan moderasi beragama adalah dengan membentuk Relawan Moderasi (RELASI)," ungkap H. Zamroni Aziz


Relawan ini terdiri dari para penyuluh agama, tokoh agama, tokoh masyarakat yang ada di masing-masing Desa/Kelurahan. Satu Desa/Kelurahan terdapat 2 relawan yang akan bekerjasama dengan TNI-Polri yaitu Babinsa dan Babinkamtibmas dalam memberi penyuluhan akan pentingnya sikap toleransi dan kebhinekaan di tengah masyarakat.

Pengukuhan RELASI akan dilaksanakan di Lapangan Umum Taman Sangkareang Kota Mataram yang akan dihadiri oleh seluruh Guru ASN di lingkup Kementerian Agama Provinsi NTB.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01