(Foto: Salah satu Stan UMKM di Area Sirkuit Mandalika Lombok Tengah)

Lombok Tengah - Reportase7.com

Gelaran event World Superbike (WSBK) 2023 kembali hadir di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah pada tanggal 3-5 Maret 2023. Saat iini event WSBK sedang berlangsung diawali dengan latihan untuk para pembalap dunia.

Gelaran event WSBK Indonesia 2023 semakin semarak dengan adanya side event Nusantara Festival yang menghadirkan penampilan artis-artis lokal dan nasional kebanggaan Indonesia. (04/03/2023)

Tak hanya itu, sebanyak 300 UMKM juga turut meramaikan area Lombok Sumbawa Fair yang menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal.

Koordinator Lapangan WSBK, Jamaluddin Maladi mengatakan,  jumlah UMKM ditambahkan untuk meningkatkan perekonomian UMKM saat event internasional di Lombok.

Bahkan, akses berjualan UMKM kini berada di lokasi strategis di belakang Grand Stand A dekat panggung hiburan. Sebelumnya UMKM berada di belakang jauh dari tribun penonton.

"Ada masukan dari UMKM akses mereka di belakang sehingga pengunjung kurang berbelanja di sana karena jauh. Sekarang dari hasil koordinasi kami maka diberikan tempat di belakang Grand Stand A di dekat panggung hiburan", jelasnya.

Selain itu pedagang asongan juga kini diberikan akses masuk di area Sirkuit Mandalika.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah menambahkan UMKM yang berjualan di WSBK itu kita fasilitasi, mereka masuk gratis," katanya.

"Ia mengatakan jumlah produk UMKM yang dijual di ajang WSBK itu sekitar 300 produk sesuai dari hasil kurasi yang telah dilakukan oleh penyelenggara".

"UMKM yang berjualan itu mereka telah diberikan pembinaan, sehingga kualitas produk yang ditawarkan tidak kalah dengan produk lainnya," lanjutnya.

"Ia mengatakan dampak Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika termasuk ajang balap internasional WSBK maupun MotoGP itu sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, pada saat pandemi COVID-19 para UMKM menjadi sektor pertumbuhan ekonomi masyarakat", tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01