(Foto: Kadis Pariwisata NTB Jamaludin Maladi)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi ketika diwawancarai menyampaikan mengenai okupansi hotel berbintang di sekitar wilayah Mandalika Lombok Tengah, Minggu (05/03/2023).

Dampak event World Superbike (WSBK) 2023 okupansi atau tingkat hunian hotel disekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah mencapai 99 persen bahkan sudah mendekati 100 persen.

"Tadi malam saya menghubungi Ketua MHA (Mandalika Hotel Asosiasi) Syamsul Bahri dan mengatakan khusus hotel-hotel yang berbintang, sudah mencapai 99 persen untuk pemesanannya," ungkap Kadis Pariwisata NTB Jamaludin Maladi.

Dijelaskan Jamaludin Maladi, untuk hotel-hotel yang tidak berbintang hanya sekitar 50 persen belum mencapai 80 persen karena para penonton banyak yang berasal dari luar pulau Lombok, seperti ada juga yang dari Malaysia, jadi lebih banyak yang memesan hotel berbintang.

"Penontom yang berasal dari Malaysia kemarin ada 50, itu bahkan sudah lumayan dibandingkan tahun kemarin tidak ada penonton dari Malaysia. Dan mereka juga mempromosikan terkait dengan destinasi wisata yang ada di Lombok ke Malaysia," lanjutnya.

Meningkatkannya okupansi hotel menandakan bahwa event WSBK 2023 memberikan dampak yang baik bagi sektor Pariwisata. Ia juga menjelaskan bahwa tarif hotel tidak ada mengalami kenaikan seperti saat terselenggaranya MotoGP, bahkan masing-masing hotel terus meningkatkan pelayanan yang baik bagi para pengunjung.

Dari pihak Kemenpraf Kadis Pariwisata NTB menjelaskan, telah diberikan bantuan anggaran untuk pembangunan Dermaga Raya agar lebih mempermudah wisatawan untuk datang ke Mandalika Sirkuit dan bisa mwnyaksikan event-event internasional.

"Kita telah mendapat bantuan anggaran dari Kemenpraf untuk pembangunan dermaga raya di Mandalika, sehingga dapat mempermudah para wisatawan yang ingin datang ke Sirkuit Mandalika," terangnya.

Lanjut Jamal, jika dibandingkan perjalanan darat akan lebih banyak membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan, namun jika melalui jalur laut hanya memerlukan waktu 1,5 jam saja untuk sampai ke Mandalika.

Kesejahteraan masyarakat dapat dirasakan dengan banyak sekali event yang berlangsung, terimakasih untuk Pemerintah dan seluruh stakeholder yang terus berjuang untuk menyelenggarakan event-event Internasional yang ada di NTB.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01