(Foto: Kegiatan program penghijauan dari mahasiswa KKN-PKM IAI Hamzanwadi Bersama TNI-POLRI dan pemerintah Desa Prako melakukan penanaman 1000 pohon)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Mahasiswa KKN-PKM IAI Hamzanwadi Pancor bersama Anggota TNI dari Koramil dan Polsek Janapria Lombok Tengah menanam 1000 pohon penghijauan di 10 dusun se-Desa Prako, Kabupaten Lombok Tengah NTB, untuk mendukung program penghijauan yang diprogramkan Mahasiswa KKN IAI Hamzanwadi Pancor Kelompok 18, Rabu. (08/03/2023)

Adapun lokasi yang menjadi target penghijauan yakni di dusun Lingkok Teres, Prako Daya, Prako Lauk, Sayang, Tarekat, Pemantek Bat, Pemantek Bat Daya, Pemantek Lauk, Bunut Baok & Pemantek Tengah.

Menurut H. Satar, Kepala Desa Prako, penanaman pohon sangatlah penting karena mampu mengatasi pemanasan global serta bisa menjadikan kantong-kantong air di dalam tanah.

Hal itu, lanjut Kades Parako, sekaligus sebagai media serapan air untuk mencegah terjadinya banjir serta mampu membuat lingkungan terkesan semakin ramah dan indah.

Ia berharap penghijauan tersebut tidak sekadar formalitas, melainkan setelah ditanam juga dirawat dengan baik sehingga tujuan akhir dari penanaman pohon juga bisa terwujud.

Sementara itu, Sekretaris Desa, Agus Salim, S. Ag. memberikan apresiasi positif adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yg dilakukan Mahasiswa IAI Hamzanwadi di Desa Prako, karena keberadaan mereka sangat memberikan arti bagi perkembangan Pemerintahan Desa Prako beserta masyarakatnya.

Apalagi, lanjut dia, KKN merupakan implementasi dari program civitas akademika tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat.

Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat soal pentingnya penghijauan, mereka berinisiatif melakukan penghijauan di 10 Dusun seDesa Prako.

Peserta KKN IAI HAMZANWADI Pancor Imron Husen, mengakui pemerintah desa setempat sudah banyak memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa.

"Mudah-mudahan pengalaman selama KKN menjadi pengalaman berharga bagi kehidupan di masyarakat nantinya," pungkasnya.

Pewarta: Zakaria
Editor: R7 - 01