(Foto: Siswi SMK Negeri 5 Mataram sedang mengukir batik SASAMBO)


Mataram - Reportase7.com

Batik Sasambo yang diproduksi oleh siswa Jurusan Tekstil SMKN 5 Mataram berhasil menembus pasar internasional.

Bahkan, Batik Sasambo sudah tidak lagi asing bagi warga Riyadh, Arab Saudi karena di sana batik ini banyak dijadikan sebagai seragam sekolah yang wajib digunakan setiap hari Kamis.

Dari sebagian siswa siswi SMKN 5 Mataram ini juga telah memperoleh banyak penghargaan, mulai dari membuat batik, kerajinan, tenun, sepatu dan masih banyak lagi.

Batik Sasambo ini menjadi ciri khas NTB karena motif yang di gunakan berasal dari NTB juga. (01/03/2023)

Dalam perjalanannya, batik Sasambo terus mengalami perkembangan. Bahkan, saat momen Moto GP 2020 yang dilaksanakan di Mandalika, melahirkan inovasi batik Sasambo Mandalika.

Sasambo sendiri adalah singkatan dari nama suku Sasak, Samawa, dan Mbojo. Sasambo memiliki makna orang Sasak yang tinggal di Lombok. Kemudian, Mbojo yang berarti orang yang tinggal di Bima, juga Samawa yang berarti orang yang tinggal di Sumbawa.

Batik ini dibuat melalui proses kolaborasi siswa antarjurusan di SMKN 5 Mataram. Batik Sasambo menjadi bukti nyata keberhasilan kolaborasi tersebut.

Perluas pangsa pasar Batik Sasambo

Kepala SMKN 5 Mataram, Istiqlal, saat ditemui di ruangannya, Rahu (1/3/2023) mengatakan bahwa kolaborasi antarjurusan tersebut membuat produk melalui model pembelajaran berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada dunia usaha dan industri (teaching factory). Hingga akhirnya mampu menembus pasar internasional.

Ia juga mengatakan bahwa kolaborasi antarjurusan tersebut juga menjadi langkah sekolah untuk melatih hard skills maupun soft skills peserta didik antarjurusan.

“Siswa belajar untuk memproduksi barangnya secara bersama-sama. Itu mengasah kompetensi mereka. Selain itu, mereka juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi dengan adanya kerja sama tersebut,” ujarnya.

Siswa siswi di sekolah ini juga diberikan magang khusus sehingga saat mereka mengikuti perlombaan sudah memiliki skills yang ada. Contohnya kami magangkan ke Solo lalu dan Ponorogo.

Pemasaran Batik Sasambo juga sudah masuk hingga Mancanegara seperti platform digital Amerika.

Seluruh kantor di NTB ini juga sudsh menggunakan Batik Sasambo. Sedangkan di plstform digital, batik kami sudah bekerja sama dengan pemasok tekstil (apparel) di Amerika, contohnya batik sasambo motif lumbung.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01