Mataram - Reportase7.com

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram (FH UMMAT) melaksanakan bersih-bersih pantai di kawasan wisata pantai Ampenan, Kota Mataram. Kegiatan bersih pantai yang di laksanakan oleh sejumlah mahasiswa dari FH UMMAT tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama pantai. (23/02/2024)

Pantai merupakan salah satu kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, oleh karena itu FH UMMAT memandang penting kebersihan pantai agar terlihat asri dan nyaman untuk kunjungi.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram Dr. I Ketut Sudira, SH., MH, memimpin kegiatan Bhakti sosial kolaborasi dangan mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dr. Sudira mengatakan di sela-sela kegiatan bakso bersih-bersih pantai di pantai ampenan, kegiatan seperti ini merupakan bentuk kesadaran kita terhadap lingkungan dan sudah menjadi kewajiban bersama untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan terutama kebersihan pantai yang menjadi tujuan banyak orang untuk di kunjungi.

"Ini merupakan bentuk tanggungjawab kita bersama, yang kita ambil ini adalah sampah-sampah plastik. Karena sampah plastik ini sangat sulit diuraikan bahkan bisa menimbulkan kerusakan lingkungan serta ekosistem yang ada," ujar Dr. Sudira.

Adapun mahasiswa yang terlibat kegiatan baksos di pantai yakni dari fakultas hukum pidana sebanyak 30 mahasiswa, dan ini merupakan bagian dari hukum lingkungan juga, sehingga para mahasiswa biasa mendapatkan pelajaran tambahan melihat langsung keadaan lingkungan dengan terjun langsung ke lokasi.

Usai kegiatan bersih-bersih pantai, para mahasiswa dan dosen melaksanakan buka bersama di The Villa Auromax milik Sri Marjuni Gaeta atau akrab disapa Putri Siwe.


Dalam giat buka bersama tersebut, sejumlah anak yatim dan masyarakat sekitar ikut dihadirkan oleh keluarga besar Putri Siwe.

Dr. Sudira menilai buka bersama yang di inisiasi oleh Putri Siwe merupakan bentuk untuk mempererat dan memperkuat silaturahmi antar sesama umat.

"Buka bersama ini salah satu cara mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan ukhuwah kita dalam bermasyarakat, dan apa yang di lakukan oleh Putri Siwe saat ini merupakan bagian dari kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat," terangnya.

"Saya bangga dengan kepedulian Putri Siwe terhadap lingkungan dan masyarakat, ia merupakan sosok yang sangat peduli dan tidak banyak bicara. Yang ia lakukan adalah tindakan cepat dan nyata," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01