(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd, M. Pd, bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati, M. Si, saat menggelar pelatihan Pengembangan Bisnis Usaha Tani Program Upland di Grand Samawa Hotel)


Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, membuka acara Pelatihan Pengembangan Bisnis Usaha Tani Program Upland yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmawati, M. Si, dan peserta pelatihan yang berlangsung di Aula pertemuan Grand Samawa Hotel, Jumat (29/09/2023).

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar petani bawang merah tergabung dalam petani Program Upland ini bisa lebih fokus mengembangkan komoditi bawang merah ke depannya, sehingga kita tetap dapat mempertahankan Kabupaten Sumbawa yang merupakan salah satu kabupaten yang luas area tanamnya cukup luas dan mendapat peringkat ke-4 dari peringkat 5 tahun lalu dalam produksi bawang merah.

Lebih lanjut Kadis menerangkan, tentu dalam hal penanaman atau pengembangan budidaya bawang merah ini harus ramah lingkungan sedapat mungkin menggunakan pupuk organik atau pestisida nabati jangan menggunakan pupuk kimia atau zat kimia lainnya sehingga bawang yang dikonsumsi tentu akan menjadi lebih sehat.

"Petani diharapkan dapat memanfaatkan dana microfinan yang nantinya bisa kita tarik dari bantuan hibah melalui bank yang telah melakukan kerjasama yaitu dengan BPR NTB sehingga petani dapat memanfaatkan dana tersebut dengan bunga yang sederhana yaitu 4% sehingga petani bisa terbantu baik di dalam melakukan budidaya maupun di dalam meningkatkan korporasi mereka di dalam mengembangkan bawang merah kedepannya," tutup Kadis.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Sumbawa Hj. Noviany, S. Pd., M. Pd, menyampaikan tujuannya diadakan dari pelatihan pengembangan model bisnis usaha tani program Upland ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani bawang merah serta petani tersebut dipastikan memiliki akses teknologi.


"Pelatihan ini adalah pelatihan sumberdaya yang diperlukan  untuk meningkatkan hasil panen mereka, yang selanjutnya kesejahteraan para petani, kami harus berkomitmen untuk memastikan petani memiliki kondisi yang layak dan menerima imbalan yang adil, " ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup menerangkan bahwa, program Upland merupakan Program dari Dinas Kementerian Pertanian Republik Indonesia di mana kabupaten Sumbawa diakui peringkat ke-4 se-indonesia dalam hal produksi bawang merah.

"Berarti bagus Program Uplandnya," terang Hj. Novy.

Oleh karena itu, Wakil Bupati berharap agar produksi bawang merah yang ada di Kabupaten Sumbawa untuk terus dijaga dan ditingkatkan, tentu di dalam mengembangkan atau membudidayakan bawang merah agar sedapat mungkin menggunakan pupuk organik atau pestisida nabati Jangan selalu menggunakan pupuk zat kimia agar kesuburan tanah akan tetap terjaga.

"Kita bersyukur karena ada Wakil Rakyat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang duduk di DPR RI yaitu Pak Johan dan Pak Rudi Mbojo yang telah banyak membantu program-program pemerintah khususnya di bidang pertanian, pangan, perikanan dan peternakan," pungkas Wabup.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01