(Foto: Batik Gembok hasil produksi binaan Lapas Lobar mejeng di stand milik Kanwil Kemenkumham NTB saat Festival Merek 2023 di Jakarta)

Jakarta - Reportase7.com

Berpartisipasi dalam Festival Merek 2023, Kanwil Kemenkumham NTB membawa serta Batik Gembok hasil karya Warga Binaan Lapas Lombok Barat pada Senin (23/10/2023).

Batik Tulis Gembok ini dapat dibeli oleh masyarakat di stand milik Kanwil Kemenkumham NTB mulai hari ini hingga 25 Oktober 2023 mendatang bersama dengan produk khas NTB lainnya seperti Mutiara Lombok, Kain tenun Sukarara dan camilan.

Batik Tulis Gembok sendiri merupakan hasil karya warga binaan Lapas Lombok Barat yang bekerja sama dengan SMKN 5 Mataram yang mempunyai jurusan membatik.

Dinamai Batik Gembok karena identik dengan lapas dan memiliki akronim dari Generasi Membatik Lombok. Motif yang dihasilkan pun khas dari NTB seperti rumah adat sasak, lumbung, paresean, malean sapi dan banyak lagi.

batik Gmebok ini merupakan pembinaan kreativitas yang memberdayakan puluhan warga binaan Lapas Lombok Barat. Pemilihan batik menjadi objek pembinaan dinilai karena memiliki peluang pasar yang cukup besar sehingga ke depannya, Warga Binaan yang telah bebas punya modal untuk memiliki usaha.

Kakanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan, mendukung penuh batik Gembok ini untuk didaftarkan di DJKI. Sebab menurutnya hasil karya warga binaan ini memiliki nilai jual dan perlu dilindungi secara hukum.

Festival Merek 2023 ini merupakan salah satu event terbesar dari DJKI. Dimana Tahun 2023 dicanangkan sebagai Tahun Merek, tidak lepas karena perlindungan hukum terhadap merek dalam perdagangan barang dan jasa mutlak harus dilakukan seperti amanat dari Menkumham Yasonna H. Laoly.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01