(Foto: Manager Business Service Telkom Wilayah NTB, Nursuci Kartini bersama Kepala Sekolah SMKN 1 Praya Tengah, Rias Sandi Miswardani, SE, saat menandatangani kerjasama pengembangan Internet of Things (IoT) pada dunia pendidikan)


Lombok Tengah - Reportase7.com

SMKN 1 Praya Tengah secara resmi lakukan kerja sama dengan Telkom Wilayah NTB dalam pengembangan internet of things (IoT) di dunia pendidikan.

Kepala SMKN 1 Praya Tengah Rias Sandy Miswardan, SE, melalui waka humas Mahudin ketika dikonfirmasi media Senin, (11/09/2023) mengatakan sekolah akan membuka kelas industri kembali yang sesuai dengan gagasan Kepala Sekolah agar seluruh waka-waka dapat mencoba memiliki terobosan yang baru.

Salah satunya, dibulan Agustus lalu (dibulan Juli sebelumnya telah dilakukan penjajakan kerjasama) yang kaitanya dengan pembukaan kelas industri dengan pihak PT Telkom yaitu Internet of Things (IoT).

"Alhamdulillah, sudah terlaksana mulai dari MoU dan itu sudah dilaksanakan sekolah ToT, mulai dari guru dan siswa. Sebelum kelas industri ini kita mulai kita persiapkan infrastrukturnya terlbih dahulu," ujarnya.

Kesiapan dari SDM (guru) sebagai pembimbing kelas industri. Tujuan dari kerjasama ini diantaranya merupakan suatu kebutuhan sekolah, tatkala kami (di sekolah SMKN 1 Praya Tengah) terdapat jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) artinya harus memiliki mitra DUDI yang kaitannya dengan untukbLink and Match nya kurikulum yang ada di sekolah dengan yang ada di industri, lanjutnya.

Dijelaskan Mahudin, hal itu juga merupakan sebuah tuntutan yang harus dilakukan sekolah dalam mencari terobosan-terobosan baru yang kaitannya dnegan kompetensi siswa.


Hal ini ditandai ditandatanganinya perjanjian kerja sama antara kedua pihak yaitu Manager Business Service Telkom Wilayah NTB, Nursuci Kartini dengan Kepala Sekolah SMKN 1 Praya Tengah, Rias Sandi Miswardani S.E (Senin, 31/7/2023) bulan lalu.

Dalam kerjasama itu, Telkom menghadirkan Kelas Industri Digitalisasi Internet of Things (KIDi IoT) di SMKN 1 Praya Tengah.

Saat ini, SMKN 1 Praya Tengah menjadi SMKN pertama yang memiliki KIDi IoT di NTB. General Manager Telkom Wilayah NTB, Syaiful Rohman menyebutkan pihaknya optimis program yang dijalankan dapat berlanjut dan semakin berkembang ke sekolah-sekolah lainnya yang ada di NTB.

KIDi IoT akan diterapkan pada jurusan TKJ dan RPL di SMKN 1 Praya Tengah. KIDi IoT merupakan solusi yang diperuntukan kepada lembaga pendidikan atau sekolah menengah kejuruan (SMK), guna mempelajari salah satu teknologi terbaru dalam bidang IT.

Sementara materi pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri, sehingga ketika peserta didik lulus diharapkan sudah memiliki kompetensi untuk memasuki dunia kerja.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01