Mataram - Reportse7.com

Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung Plus Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan open turnamen bulu tangkis dan main catur.

Open turnamen digelar di Rumah Kebangsaan NTB di Jalan Sultan Salahudin No.75 Bendega, Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram.

Ketua Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Bali Nusra, Rahmat, mengatakan open turnamen ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78.

"Jadi Bang kegiatan ini menyambut 17 Agustus (HUT kemerdekaan RI)," ujar Rahmat ramah pada wartawan.

Rahmat mengatakan open turnamen diikuti oleh para aktivis Cipayung Plus NTB yakni dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI),
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

Selain bulutangkis dan catur, Cipayung Plus juga membuka turnamen umum bagi warga sekitar untuk mengikuti lomba balap karung, makan kerupuk, dan main kelereng.

"Turnamen utama ada bulutangkis sama catur, dibuka bagi OKP-OKP Cipayung Plus yang ada di NTB, Kalau lari karung makan kerupuk dan kelereng itu dibuka secara umum bagi warga sekitar, open turnamen belangsung pada 17 Agustus, penutupan tanggal 18 Agustus 2023 di Rumah Kebangsaan NTB." kata Rahmat.

Melalui open turnamen kemerdekaan di Rumah Kebangsaan NTB ini, kami ingin memperkuat tali silaturahmi.Rumah Kebangsaan NTB menjadi lokus turnamen kemerdekaan, sebab menurutnya, Rumah Kebangsaan adalah rumah bersama bagi para OKP yang tergabung dalam Cipayung Plus NTB.

"Jadi esensinya itu menyambut 17 Agustus dan memperkuat tali silaturahmi antar OKP Cipayung Plus NTB," terang Rahmat.


Sekretaris Daerah KMHDI NTB, Riyan
Sekretaris Daerah KMHDI NTB, Riyan

Sementara itu, Sekretaris Daerah KMHDI NTB, Riyan, menegaskan bahwa open turnamen kemerdekaan ini bagus diadakan untuk aktivis. Ia menilai, open turnamen bukan sekedar untuk bermain namun bisa menjadi ajang dalam mempererat keakraban antar aktivis.

"Menurutku itu bagus terutama untuk anak muda, jadi tempat ini bisa kita berkumpul sementara open turnamen sebagai wadah silaturahmi kita bersama," ujar Riyan.

Ia mengajak anak muda untuk menjadikan HUT kemerdekaan RI ke 78 sebagai penyemangat positif. Jadi sesuai dengan tema yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Dan menurutnya, anak muda merupakan generasi penerus bangsa untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang.

"Kedepan kita yang akan meneruskan perjuangan pendahulu kita, jadi mau ndak mau kita harus mempersiapkan diri karena kalau bukan kita siapa lagi," pungkasnya.

Pewarta: Hadi
Editor: R7-02