(Foto: Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, saat memotong tumpeng pada acara HUT ke-15 SMKN 1 Sikur di Lombok Timur)


Lombok Timur - Reportase7.com

SMKN 1 Sikur Lombok Timur menggelar acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 dengan Tema "Serentak Bergerak Menumbuhkan Jiwa Patriotisme Melalui Literasi Budaya Lokal Untuk Mewujudkan NTB Gemilang, bertempat di Halaman SMKN 1 Sikur, Sabtu (12/08/2023).

Mengusung kurikulum merdeka dengan program (P5) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan juga menjadi ruang bagi siswa untuk menunjukkan bakat mereka. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd atau panggilan akrabnya Ummi Rohmi.

Ummi Rohmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada SMKN 1 Sikur atas hari jadinya ke-15.

"Tentunya dengan usia sekolah yang sudah mencapai diangka 15 ini, banyak hal yang harus kita perbaiki sama-sama," ujarnya.

Sekolah tidak hanya tempat belajar siswa saja, berbagai hal positif bisa dilakukan, disekolah itu tidak boleh adanya bulying, merokok, dan pacaran. Sekolah itu merupakan tempat untuk menuntut ilmu dan berwirausaha.

Ia juga memberi pesan khusus kepada para siswa dan civitas sekolah yang hadir, "Tidak boleh ada perundungan, kekerasan di sekolah, karena sekolah sebagai sarana belajar untuk meraih masa depan, jadi harus ciptakan suasana sekolah yang sehat, aman, nyaman sehingga kelak menjadi kenangan yang indah tak terlupakan,"ujar Ummi Rohmi.

"Jika lingkungan sekolah seperti itu, maka para siswa dapat belajar dengan baik, siswa yang dihasilkan pasti siap bersaing," tambahnya

Selanjutnya dijelaskan Wakil Gubernur, bahwa anak-anak harus senang saat disekolah, namun juga tidak boleh berleha-leha. Di sekolah ada banyak teman dan guru yang bertindak sebagai orang tua.


Karena itu kata kuncinya adalah kita harus saling menghargai dan saling support, tidak boleh ada yang saling iri, dengki dan intimidasi, jika itu dipenuhi akan menghasilkan siswa yang unggul dan siap secara mental untuk bersaing.

Para siswa adalah potret masa depan bangsa, situasi 10 tahun mendatang dapat kita prediksi melalui generasi muda saat ini, maka anak-anak harus belajar dengan baik, semua harus mau berkorban, lantas Ummi Rohmi menantang para siswa dan guru, "Siapkah anak-anak dan guru menciptakan Sekolah bebas Rokok, narkoba dan bebas kekeransan?," tantang Ummi Rohmi.

"Harus ada pengorbanan untuk menjadi orang sukses, dan itu dimulai dari masa-masa belajar," imbuhnya.

Pada akhir sambutannya, Wakil Gubernur tidak lupa mengkampanyekan program unggulan Cegah Stunting dengan mengajak para siswa menjalani program peduli stunting.

Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad dalam sambutan sebelumnya melaporkan ada berbagai prestasi yang berhasil dirwih SMKN 1 Sikur diawal tahun ajaran 2023/2024.

"Alhamdulillah, sekolah kami saat memasuki tahun ajaran baru, ada beberapa prestasi yang diraih sekolah, salah satunya ada juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang mewakilkan ke tingkat Nasional, kemudian ada pencak silat tingkat nasional, dan bulan depan sebanyak 18 siswa akan berangkat magang ke Malaysia," jelasnya.

Di hari jadi SMKN 1 Sikur yang ke-15 ini juga sekaligus digelar launching Program 1 siswa 1 anak. Hal ini tentunya dijalankan sesuai dengan program NTB Gemilang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda HUT  SMKN 1 Sikur yang sudah berjalan selama 15 tahun.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01