(Foto: Kepala Dinas Damkartan Kabupaten Sumbawa Sahabuddin, S. Sos., M. Si, bersama pegawai SPBU Kebayan dalam rangka sosialisasi dan simulasi pemadama Api di SPBU Kebayan)


Sumbawa - Reportase7.com

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkkartan) Kabupaten Sumbawa menggelar kegiatan sosialisasi dan simulasi pemadaman api dan penggunaan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) kepada pegawai SPBU Kebayan di jalan Kebayan Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa. (25/08/2023)

Kepala Dinas Damkartan Kabupaten Sumbawa H. Sahabuddin, S. Sos., M. Si, menyampaikan kegiatan seprti ini sangat perlu disampaikan dalam rangka upaya pencegahan dini dalam bencana kebakaran, karena terutama di SPBU harus sesuai SOP dalam pelayanan dan di wajibkan sarana dan prasarana tentang keselamatan harus memenuhi standar.

Dikatakannya, bencana sangat dekat dengan manusia dan lingkungan kerjanya, karena itu harus faham terkait penanggulan bencana  kebakaran, sehingga harus tau SOP keselamatannya terutama bencana kebakaran baik di perusahaan, pemukiman warga, dan lain-lain.

Sahabuddin mengingatkan bahwa, jangan menganggap sepele walaupun kebakaran sekala kecil karena bisa berakibat fatal, api kecilpun bila tidak segera di tangani dengan benar, maka akan menjadi masalah besar buat kita.

"Untuk itu, tehknik penggunaan APAR harus tepat dan benar dalam rangka meminimalisir potensi terjadinya kebakaran di sekitar kita," ungkap Sahabuddin.

Ia juga mengatakan sebagai Kepala Dinas Damkartan Kabupaten Sumbawa yang di beri tanggung jawab oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa sebagai perpanjangan tangan, akan berupaya menjalankan pekerjaan sesuia tupoksinya dalam rangka menciptakan Sumbawa Gemilang Berkeadaban.

"Selalu siap menjalankan tugas sesuai tupoksi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mewujudkan Sumbawa Gemilang Berkeadaban sesuai perintah dan cita-cita pemerintah Sumbawa," terangnya.

Turut hadir pada saat kegiatan Sosialisasi dan Simulasi pemadaman kebakaran di SPBU Kebayan Tegar Candra, utusan dari Pertamina HSE regional Jatim Balinusa - Jawa Timur. Ia sangat mengaparesiasi atas kepedulian dan kordinasi Dinas Damkartan Kabupaten Sumbawa dalam memberi edukasi dan latihan saat kondisi Emergency kepada semua karyawan dan petugas SPBU.

"Kegiatan ini bisa di sosialisasikan dan disimulasikan ke semua SPBU yang ada di Kabupaten sumbawa," harapnya.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01