(Foto: Ketua DPP Partai UMMAT bisang advokasi hukum Juju Purwantoro, SH., MH)


Jakarta - Reportase7.com

Presiden Jokowi tampaknya memang hobi cawe-cawe (intervensi) demi memenangkan calon tertentu dalam kontestasi pilpres 2024. Hal itu di katakan sendiri oleh Ganjar Pranowo, bahwa soal baju dengan motif gari-garis lurus hitam putih yang dikenakannya adalah usul desain dari Jokowi.  

Pernyataan Ganjar tersebut dikatakan saat acara dengan para relawannya pada Rabu, 19 Juli 2023 di Jakarta.

Hal itu menunjukkan bahwa untuk urusan 'remeh tameh' saja, yaitu soal corak baju sebagai (simbol kampanye) saja, maka seorang presiden sampai turut cawe-cawe juga mengusulkannya. (20/07/2023)

Alasan Ganjar menyampaikan makna hitam-putih, bahwa dia bukanlah orang abu-abu. "Ketika harus bersikap pada suatu keputusan yang sulit, kita harus memilih yang mana, hitam atau putih," ujara Ganjar saat acara bersama relawannya di Jakarta.

Ketua DPP Partai UMMAT bidang advokasi hukum Juju Purwantoro, SH., MH, menilai Intervensi Jokowi dalam urusan pilpres 2024 selama ini, demi mendukung dan memenangkan capresnya memang tampak kasat mata dan tendensius. Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, apa yang dilakukan Jokowi tersebut adalah inkonstitusional.

"Mengacu pasal 4 (ayat 1) UUD 1945: Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar, sedangkan pasal 10, Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara," terang Juju.

Untuk itu Jokowi sebagai presiden RI harus tetap independen dan netral. Dia harus menjaga jarak yang sama kepada bacapres lain yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Semestinya sebagai presiden, Jokowi sebelum mengakhiri legacy jabatannya harus fokus saja kepada persoalan bangsa dan negara. Soal motif baju bagi bacapres Ganjar dan pendukungnya, hanyalah soal 'remeh temeh dan simbol' belaka," lanjutnya.

"Ada persoalan substansial saat ini bagi Jokowi, yaitu kesejahtraan sosial dan ekonomi rakyat yang masih carut marut disegala bidang pembangunan," tandas Juju.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01