(Foto: Kepala SMA Negeri 1 Lambu Muhammad Ali, SE)


Bima - Reportase7.com

Sekolah Terbuka menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada anak-anak putus sekolah di NTB.

Dikbud NTB menunjuk 25 SMAN untuk membuka Sekolah Terbuka ini, salah satunya yang ada di Lambu, Kabupaten Bima. (20/07/2023)

Kepala SMAN 1 Lambu Muhammad Ali, SE, saat dikonfirmasi media terkait sekolah terbuka mengatakan saat ini jumlah siswa sekolah terbuka sudah 41 siswa.

"Jumlah siswa di sekolah terbuka ini ada sebanyak 41 siswa, dan ada beberapa siswa juga yang belum lengkap berkas administrasinya," ujar Ompu Ali panggilan akrabnya.

Hal yang menjadi faktor besarnya putus sekolah siswanya rata-rata menikah pada usia dini, selain itu minimnya ekonomi.


Ada hal yang menjadi dasar SMAN 1 Lambu membuka sekolah terbuka, yakni ingin agar semua anak-anak bisa melanjutkan pendidikannya kembali.

Tentunya dalam memperoleh siswa, Ia dan timnya turun ke lapangan dan lakukan kerjasama dengan kepala Desa atau balai desa setempat.

"Untuk tempat kegiatan belajar, bertempat di tiga desa dengan gabungan desa juga di wilayah setempat. Sementara kebijakan dari sekolah proses belajar mengajar dilakukan dua kali selama satu minggu," pungkas Ompu Ali.

Sebelumnya Kepala Dinas Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, menjelaskan sekolah terbuka ini diberikan secara gratis atau tanpa ada biaya, jadi siapapun anak-anak yang mengalami putus sekolah bisa melanjutkan sekolahnya di SMA yang telah ditunjuk untuk Sekolah Terbuka.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01