(Foto: Siswa SMK Negeri 1 Taliwang yang sukses menorehkan prestasi pada ajang LKS tingkat Provinsi di Selong)


Sumbawa Barat - Reportase7.com

SMKN 1 Taliwang Kab. Sumbawa Barat berhasil masuk dalam tiga besar ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi NTB. Pengumuman dilakukan saat penutupan LKS di GOR Universitas Hamzanwadi Selong, Lombok Timur, Kamis, 08 Juni 2023 pekan lalu.

Kepala SMKN 1 Taliwang, Muhammad Nasir, S. Pd., M. Pd, saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp mengucapkan syukur atas apa yang diraih siswa didiknya tersebut.

"Kami SMK Taliwang mengucapkan syukur Alhamdulillah anak kami berhasil mendapatkan juara dan dapat bersaing dengan SMK lain se-NTB," ungkap Nasir. (14/06/2023)

Dari 9 mata lomba SMKN 1 Taliwang berhasil meraih juara 2 dan 3. Untuk juara 2 diraih oleh Dino Ade Saputra dalam bidang Plastic Die Engineering, untuk juara 3 diraih oleh Alvin Prasetyo bidang CNC Milling, Dimas Ashari bidang CNC Turning, dan Priyonggo Wicaksono bidang Prototype Modelling.

SMK Taliwang sebelum pelaksanaan tentu telah melakukan persiapan pendampingan dan pelatihan alat alat terutama, permesinan baik itu CNC tuning dan miliing, kata Nasir.

Ia menambahkan saat berada di Lombok Timur (Lotim), siswanya juga melakukan penyesuaian dengan lingkungan serta situasi mesin yang ada di SMK Selong.

Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu semangat bapak ibu guru yang mendampingi siswa dari dua bulan sebelum pelaksanaan LKS dan selama berada di Lotim juga tidak luput dari pendampingan, lanjut Nasir.

"Alhamdulillah sekolah berhasil mendapatkan juara, saya selaku kepala sekolah mengucapkan salut dengan semangat pantang menyerah bagi siswa-siswa."

Sekalipun belum bisa ke Tingkat Nasional tapi cukup memberi motivasi bagi guru dan siswa untuk terus berkarya dan berinovasi dalam pola-pola pembimbingan dimasa yang akan datang, imbuhnya.

Sementara, dampak untuk PPDB sekolah dari juara LKS ini tentunya sangat positif dan luar biasa karena SMK Taliwang sudah BLUD dan kegiatan ektrakurikuler serta LKS berjalan dengan baik.

Hal ini juga memberi dampak positif akan animo masyarakat untuk menentukan pilihan belajar atau melanjutkan studi ke SMK Taliwang. "Inti nya sangat besar pengaruhnya bagi anak-anak lulusan SMP/Mts untuk mendaftar masuk SMK Taliwang, jelasnya.

Selamat juga untuk panitia yang sukses dalam menyelenggarakan event LKS yang dirangkaikan dengan karnaval budaya seNTB untuk tingkat SMP, SMK dan SMA.

SMK Taliwang dengan semboyan Tiger (trampil, inovatif, gesit, enterprenurship, responsif, dan yammo (layanan mutu optimal).

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01