(Foto: Adzkia Aisyah Mas'ud, Siswi MAN 2 Mataram yang sukses meraih medali perunggu pada ajang AIMO)


Mataram - Reportase7.com

Salah satu siswi MAN 2 Mataram berhasil menorehkan prestasinya di kancah internasional. Prestasi ini diraih oleh siswi yakni Adzkia Aisyah Mas'ud. Adzkia merupakan siswi kelas X-1, ia juga merupakan siswi berprestaai semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar.

Saat dikonfirmasi media Reportase7.com ia mengatakan sangat menyukai pelajaran Matematika, karena matematika itu hal yang sangat menyenangkan dan menantang. (04/06/2023)

"Pelajaran Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan dan menantang, membuat saya makin mendalaminya dan terus mengalihnya," ujar Adzkia.

Beberapa medali juga pernah diraih siswi berparas cantik ini. Diantaranya, berhasil meraih Medali Perunggu dan Merit pada Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) yang diselenggarakan di Hongkong tahun 2018.

Selain itu, meraih Medali Perunggu pada ajang Kompetisi Kedokteran Dasar Indonesia pada tahun 2023. Dan di tahun 2019-2020 berhasil meraih Perunggu dan Merit pada ajang Thailand International Mathematical Olympiad (THIMO).

Kini pada ajang Asia International Mathematical Olympiad Open ( AIMO ) ia berhasil meraih Medali Perunggu. AIMO merupakan salah satu lembaga yang mendirikan dan mengelola even internasional di setiap tahun yang bernama AIMO Union. AIMO juga salah satu kompetensi olimpiade internasional yang ada di Hongkong.

Babak final AIMO ini akan berlangsung bulan Agustus di Malaysia. AIMO ini diikuti oleh ratusan siswa-siswi yang berasal dari sekolah di Asia. Dan untuk di Indonesia, Adzkia merupakan satu-satunya siswi perwakilan madrasah yang raih Medali Perunggu.

AIMO diselenggarakan oleh Persatuan Olimpiade Matematika Internasional Asia sejak tahun 2012, yang mengelolanya adalah AIMO Union.

AIMO Union adalah organisasi amal internasional dengan misi untuk menyediakan paltform internasional bagi remaja dari berbagai negara, yang bertujuan untuk mengeksplorasi potensi matematika meningkatkan pemikiran agar terlibat dalam penukaran budaya ilmiah dan meningkatkan persahabatan remaja dari berbagai negara.

Beberapa negara yang telah menyelenggarakan AIMO antara lain; Makau, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, Taiwan, Indonesia, Brazil, Myanmar, Filiphina, dan Turki.

AIMO Union juga telah mendirikan World Mathematics Game Open ( WMGO ). Platform ini memberikan kesempatan profesional bagi siswa-siswi untuk belajar Matematika dengan berbagai jenis permainan Matematika.

Semua peserta AIMO akan secara otomatis terdaftar di WMGO dan memberikan kesempatan pada mereka untuk menemukan keindahan Matematika dalam Gameplay.

Kepala MAN 2 Mataram Drs. H. Lalu Syauki, MS,. M. Pd,  mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi prestasi anak didiknya. Ia mengungkapkan rasa bahagianya dan mengucapkan selamat kepada ananda Adzkia dan Tim Pembina serta Pelatih.

"Usaha tidak akan mengkhianati hasil, apa yang diraih ananda Adzkia ini berkat ketekunan dan semangat yang tinggi dalam mempersembahkan prestasi. Selamat Kepada ananda Adzkia atas prestasinya yang luar biasa, dan terima kasih kepada Tim Pembina yang sudah bekerja keras," ungkap Lalu Syauki.

Lalu Syauki berharap semoga prestasi ini juga diikuti oleh siswa-siswi lainnya, tentu dalam mata pelajaran yang lainnya.

"Untuk bekal babak final di Malaysia nanti, tolong dipersiapkan dengan maksimal," tandanya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01