(Foto: Tim Musikalisasi MAN 2 Mataram yang sukses meraih juara 2 Festival Musikalisasi Puisi Tingakt Provinsi)


Mataram - Reportase7.com

Dalam ajang even sekaligus penjurian Sayembara Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan penghargaan kepada MAN 2 Mataram atas perolehan Juara 2 pada ajang tersebut, Sabtu 20 Mei 2023 kemaren.

Meski meraih Juara 2, tim Musikalisasi Puisi MAN 2 Mataram berhak melaju ke tingkat Nasional bersama dengan Tim Juara 1.

Kegiatan Festival Digital Musikalisasi puisi tingkat provinsi NTB diawali dengan serangkaian tahapan, yaitu Webinar Muspus dan pengiriman video kepada panitia. Dan selama dua hari Dewan Juri telah menyeleseikan tahap penilaian terhadap 22 video dari 11 tim peserta. (23/05/2023)

Genre seni yang diambil sebagai referensi musik puisi dalam seni pertunjukan yang merupakan hasil kolaborasi antara penyajian puisi dan musik. Terdapat tiga tim yang masuk sebagai juara dalam Festival ini, yakni : Juara 1 diperoleh SMAN 1 Mataram, Juara 2 Man 2 Mataram, dan Juara 3 diperoleh SMAN 1 Selong Lombok Timur.

Para pemenang I dan II berhak mewakili Provinsi NTB untuk maju mengikuti Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional Tahun 2023.  Adapun penyerahan hadiah Festival Digital Musikalisasi Puisi 2023 dilakukan pada Kamis, 25/5/2023 bertempat di Aula Bayan, Kantor Bahasa Provinsi NTB.

Pada acara penyerahan hadiah nanti para pemenang diharuskan menampilkan satu penampilan dan setiap tim terdiri dari lima orang dengan membawakan puisi dan lagu yang diiringi oleh musik.

Adapun jenis hadiah yang diterima oleh pemenang yakni berupa uang tunai sebesar Rp. 6.000.000 untuk Juara 1, Rp. 5.000.000 untuk juara 2, dan Rp. 2.500.000 untuk Juara 3. Masing-masing tim membawakan dua lagu dan dua puisi, baik puisi wajib dan puisi pilihan. Sebagai lagu pertama berjudul "Sebuah kota" dan sebuah puisi wajib sedangkan lagu kedua berjudul "Pagi Ini aku pulang" serta puisi pilihan lainnya.

Tim dari Teater Mata dan Perkusi MAN 2 Mataram terdiri atas Moneshy Padmarini Prawiranegara, Ivena Aurellia Adinda Ashri, Lia Ameliah Putri Kirana, Bq Sarena aputri Rasanjani dan Nabila Isdiana Salsabila.

Kepala MAN 2 Mataram Drs. H. Lalu Syauki, MS, M. Pd, menyambut kemenangan ini dengan bahagia. Dan ucapan selamat serta terima kasih disampaikan untuk segenap tim, pembina dan pelatih yang telah berjuang dengan maksimal memberikan yang terbaik bagi madrasah.

Lalu Syauki berharap dengan hasil ini tidak lantas membuat Tim langsung merasa puas. Ia berpesan kepada Tim untuk terus berjuang agar hasil yang dicapai lebih bagus lagi di Tingkat Nasional.

Lanjut Syauki, bahwa Tim Musikalisasi Puisi akan berlomba dengan puluhan finalis dari seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, semangat dan dedikasi tinggi diperlukan untuk meraih semua itu.

Sementara itu, dari Pembina Nurul Hikmah, S. Pd, merasa bangga dengan Tim Teater Mata yang berkolaborasi dengan Perkusi Begelompong MAN 2 Mataram.

"Mereka bisa menunjukkan performa yang baik dalam mengikuti lomba ini," ujar Nurul Hikmah.

Ketika ditanyakan tentang persiapan Tim anak didiknya, Nurul mengatakan jika mereka sangat tekun dan rajin datang saat latihan. Ia berharap agar anak-anak didiknya menjadi lebih giat lagi dalam berlatih dan semangat tim juga tetap terjaga sehingga persiapan di tingkat Nasional bisa lebih maksimal.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01