Mataram – Reportase 7
43 Mahasiswa UTM - Universitas Teknologi Mataram mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka.

Ke-43 mahasiswa UTM harus bersaing ketat dengan ratusan mahasiswa dari 26 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wilayah Bali dan NTB.

“Jelas ini menjadi sebuah prestasi bagi kami. Kami bangga dengan anak didik kami, tampil menjadi yang terbaik dari ratusan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi swasta yang ada di Bali dan NTB. Kami terus memotivasi anak didik kami agar selalu menjadi yang terbaik,” terang Rektor Universitas Teknologi Mataram, Lalu Darmawan Bakti, Sabtu, 11 Maret 2023, di Mataram.

Perjuangan kami, lanjutnya, tentu tidak mudah. Dengan dibantu tenaga-tenaga professional di bidang teknologi, kami ingin memberikan yang terbaik kepada mahasiswa kami. Alhamdulillah, usaha kami sedikit tidak sudah membuahkan hasil dengan masuknya mahasiswa kami dalam program magang di sejumlah perusaaan di tanah air. Mahasiswa dari perguruan tinggi lain tentu cukup banyak yang ingin mengikuti program ini. Meski keinginan perwakilan perguruan tinggi di NTB cukup banyak mengajukan mahasiswanya tentu akan melalui seleksi yang ketat.

“Dalam program magang angkatan ke -4 tahun 2023 ini, Alhamdulillah kami mendapat kesempatan terbanyak. 43 mahasiswa kami lolos dalam program magang tahun ini,” tegas Darmawan.

Program mahasiswa magang ini menjadi ajang bergengsi bagi sejumlah perguruan tinggi swasta di Bali maupun NTB. Kesempatan mengikuti program magang mahasiswa, tentu memberi peluang kerja cukup besar setelah lulus dari perguruan tinggi. Keberhasilan Universitas Teknologi Mataram, meraih jumlah mahasiswa magang terbanyak, sekaligus menjadi barometer keberhasilan perguruan tinggi ini mencetak sumber daya manusia siap kerja.

Mahasiswa UTM yang berhasil lolos dalam program magang  tersebut berjumlah 3 orang, program studi manajemen (2 orang) dan program studi teknologi informasi (1 orang). Selebihnya 40 mahasiswa diantaranya berhasil mengikuti studi independent bidang rekayasa sistem computer (2 orang), sistem informasi (20 orang), teknik informatika (12 orang), dan teknologi informasi (6 orang).

Berikut Daftar Perguruan Tinggi peserta MSIB Angkatan ke-4 Tahun 2023
No    Nama Perguruan Tinggi    Jumlah Mahasiswa Diterima
1.    Universitas Teknologi Mataram    43
2.     Universitas Teknologi Sumbawa    17
3.    Universitas Bumigora NTB    14
4.    Universitas Hamzanwadi    10
5.    STIE/AMM    5
6.    Universitas NW    4

Selain ke enam perguruan tinggi swasta di atas, universitas lain yang mengikuti program MSIB 2023, diantaranya STIE Bima, Universitas Gunung Rinjani, Universitas Syaikh Zainuddin Nahdlatul Watan, Universitas Islam Al Azhar yang berhasil meloloskan masing-masing dua mahasiswanya. Dan sejumlah perguruan tinggi swasta lainnya yang berhasil meloloskan masing-masing satu orang mahasiswanya.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), tidak saja memberi kesempatan bagi mahasiswa magang di sejumlah perusahaan. Tetapi,  juga mendapat kesempatan melakukan studi atau penelitian terkait banyak hal dan disiplin ilmu yang dibutuhkan sebuah badan usaha. Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, kebutuhan sumber daya manusia bidang teknologi sangat dibutuhkan.

“Kehadiran sumber daya manusia yang berwawasan teknologi sangat dibutuhkan di era sekarang. Jika kita tidak menguasai teknologi, maka kita akan tertinggal jauh. Pendidikan tinggi seperti UTM memiliki kesempatan sangat besar bagi lulusannya mendapatkan peluang kerja lebih besar karena pasar membutuhkan mereka,” terang Direktur Perusahaan yang bergerak di bidang ketahanan pangan modern, Eny Kustiyani.

Pewarta: Vira Lombok
Editor: R7-02