Silaturrahmi Dengan Warga Desa Tepal, H. Mo: Pembangunan Infrastruktur Jalan Dipastikan Berlanjut Hingga 93 KM

Bupati Sumbawa beserta
rombongan, Seretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, melakukan kunjungan kerja dan silaturrahmi dengan masyarakat Desa tepal Kecamatan Batu Lanteh, Sabtu (30/12/2023).

Kunjungan tersebut sekaligus melihat dari dekat beberapa program pembangunan Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 dan rencana program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 yang akan datang.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat berjumpa masyarakat di Desa Tepal menyampaikan bahwa pelaksanaan program pembangunan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Batu Lanteh ini berupa pembangunan jalan sepanjang 12,6 KM yang menghubungkan Batu Dulang dan Tepal telah selesai dikerjakan.

"Selanjutnya nanti akan dituntaskan pekerjannya sampai tembus ke Teladan kemudian ke Lenangguar, untuk itu kedatangan kami beserta rombongan ingin melihat langsung hasil pengerjaannya dan memastikan recana  programnya berlanjut," ujar Bupati.

Dengan adanya akses jalan seperti ini lanjut Bupati, diharapkan pada masyarakat agar dapat menjaga lingkungan sekitar tetap terawat, tidak melakukan penebangan pohon sembarangan sehingga kondisi hutan tetap terjaga.

"Kemudian kami harapkan agar masyarakat dapat semaksimal mungkin dapat memanfatkan lingkungan sekitarnya untuk menanam tanaman yang dapat menunjang kebutuhan hidup agar terus tingkatkan, selain tanaman yang sudah ada seperti kopi, kemiri alpukat dan yang lainnya juga bisa dicoba untuk di kembangkan aneka taman buah-buahan yg sesuai kondisi alam bisa tumbuh di sini, sehingga nantinya dapat mendukung kecamatan batu lante sebagai kawasan agro wisata," beber H. Mo' sapaan akrab Bupati Sumbawa.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji, ST., MT, dalam penjelasannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pembangunan ruas jalan Batu Dulang - Tepal sepanjang 12,6 KM yang pekerjaannya sudah tuntas dilaksanakan dan selanjutnya akan diteruskan sampai ke Teladan panjangnya mencapai 93 KM.


"Tahun depan Tepal - Batu Rotok kita kerjakan, selanjutnya pembangunan pagar SD Desa Tepal, rehab postu untuk Desa Tepal, Batu Rotok, Tangkam Pulit dan Bao Desa sehingga tahun depan untuk akses kesehatan sudah lengkap," ujar Lalu Suharmaji.

"Tahun ini juga ruas jalan Lenangguar - Teladan kita kerjakan sepanjang 9 KM yang sudah dilaksakan sepanjang 1,6 KM sehingga diharapkan 2 tahun ke depan pembangunan ruas jalan sepanjang 93 KM tersebut dapat dituntaskan," jelasnya.

Disampaikan Lalu Suharmaji bahwa, pemasangan listrik masuk Desa agar nantinya listrik dapat menyala 24 jam, untuk itu dari Lenangguar - Tangkam Pulit ada pemasangan tiang sehingga diharapkan kepada warga yang kena tanah pekarangannya tolong diikhlaskan karena nantinya ketika listrik sudah masuk banyak aktifitas masyarakat yang bisa dilakukan, anak-anak bisa bermain komputer dan lain sebagainya.

"Apalagi sekarang ini tower Bakti sudah masuk berarti sinyal untuk berkomunikasi dengan HP sudah bisa dilakukan," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01