(Foto: Kondisi instalasi pipa PDAM Sumbawa yang rusak dan bocor sedang di kerjakan)

Sumbawa - Reportase7.com

Kurang lancarnya air untuk pelanggan PDAM di wilayah kota Sumbawa ternyata penyebabnya adalah kebocoran dan banyak banyak hal. Salah satunya masalah instalasi perpipaan yang usianya telah mencapai puluhan tahun. Mulai rapuhnya instalasi menyebabkan pipa mudah bocor dan tersumbat. (17/11/2023)

Direktur Utama Perumdam Batulanteh Kabupaten Sumbawa Abdul Hakim, SE, di lokasi perbaikan kebocoran  instalasi pipa mengungkapkan bahwa, instalasi pipa di wilayah kota telah mencapai puluhan tahun, yang  tidak pernah diganti kini sudah mulai mengalami kebocoran dan tersumbat.

"Kondisi ini menyebabkan pipa sudah mulai rapuh dan terkikis dan mulai rusak," ujar Abdul Hakim.

Menurutnya, memang perlu normalisasi instalasi perpipaan yang sudah puluhan tahun terpakai atau digunakan. Artinya sudah harus diganti mengingat meningkatnya pelayanan dan kebutuhan masyarakat, untuk itu Perumdam harus bisa  menjamin kelancaran air bersih.

"Persoalan ini  Perumdam telah berupaya membuka  komunikasi dengan sejumlah pihak terkait. Termasuk dengan pihak DPRD Kabupaten Sumbawa dan juga dalam proses melakukan tahapan evaluasi untuk memaksimalkan terkait gangguan pendistribusian nya, ini di lakukan untuk  bisa menjawab persoalan masyarakat tentang kendala Air bersih yang di kelola oleh  PERUMDAM," bebernya Hakim

Hal yang tak terduga juga selalu terjadi, macetnya pendistribusian air bersih kepada konsumen banyaknya kendala  tehnis  yang di hadapkan di lapangan ini juga butuh proses dalam tahap perbaikan.

"Seperti yang terjadi eksidentilnya  Salah satu kerusakan  kebocoran di daerah krekeh, upaya dan kerja keras bersama tim memaksimalkan pengerjaan agar proses perbaikannya bisa selesai hari ini juga, itupun kita kasi Running selama 1-2 hari karena saat running perlu pengecekan ulang di mana potensi akan terjadinya kebocoran dan kerusakannya," terangnya.

"Seperti contoh kebocoran di desa Krekeh  Otomatis pipa induk kita tutup untuk memperbaiki kebocoran ini. karena  proses perbaikan air yang dari pipa tidak boleh mengalir,dan  membutuhkan waktu perbaikan untuk kembali normal pendistribusian air kepada konsumen,” ujarnya.

Kerusakan jaringan pipa  tidak hanya merugikan pelanggan tapi daerah juga di rugikan dari segala aspeknya
sehingga perlu  perbaikan total meskipun secara berkala dan harapan bisa menjadi perhatian khusus steakholder  yang terkait .

"Begitu juga kepada masyarakat pelanggan PDAM Sumbawa ,mohon maaf agar bisa di maklumi dalam 1-2 hari ini untuk bisa di pendistribusian kembali Normal," tandasnya.

Pewarta: MJ
Editor: R7 - 01