(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, saat melaksanakan kegiatan road show bakti stunting di Desa Suka Damai, Kecamatan Labangka)

Sumbawa - Reportase7.com

Dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Sumbawa Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany S. Pd., M. Pd, menggelar road show bakti stunting di Kecamatan Labangka.

Dalam kegiatan road show bakti stanting Wabu Sumbawa mengajak sejumlah pejabat lingkup pemerintah Sumbawa yang terdiri dari Dinas DP2KBP3A, Dinas Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, OPD terkait, Camat Labangka, Kepala Desa, acara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Desa Suka Damai, Kecamatan Labangka Selasa (24/10/2023).

Kepala Dinas DP2KBP3A Jannatulfala, S. AP, menyampaikan bahwa, kegiatan road show bakti stunting di Desa Suka Damai, Kecamatan Labangka merupakan program pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memberikan pelayanan kesehatan dan merupakan visi misi bersama untuk Sumbawa Gemilang Berkeadaban.

"Untuk road show bakti stunting Desa Suka Damai Kecamatan Labangka ini, ada 400 paket yang isi terdiri dari beras, gula, telur, minyak goreng, sayur-mayur, buah-buahan," ujar Kepala Dinas DP2KBP3A Jannatulfala.

Lebih lanjut Kadis menerangkan, jumlah anak stunting ada 35 anak dan keluarga beresiko sebanyak 251, tentu dengan adanya pembagian sembako ini kepada keluarga beresiko akan menjadi motivasi dan semangat ibu-ibu atau keluarga sasaran beresiko untuk paling tidak dapat mengkonsumsi apa yang kita berikan pada saat ini.

Ketua tim percepatan penurunan Stunting Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan, tujuan kedatangannya ke Desa Suka Damai, Kecamatan Labangka bersama rombongan adalah untuk melihat dan bertatap langsung bersama masyarakat yang ada di kecamatan Labangka, serta memastikan ibu-ibu muda dalam keadaan sehat walafiat.

"Alhamdulillah pemerintah hari ini hadir ditengah-tengah masyarakat Labangka dalam rangka kegiatan road show bakti stunting, ini merupakan bagian penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mencegah terjadinya stunting," ungkap Hj. Novi, sapaan akrab Wabup Sumbawa.


Wakil Bupati berpesan kepada ibu-ibu muda agar selalu menjaga kesehatan serta perilaku hidup bersih, pastikan di dalam rumah harus ada jamban yang bersih, sanitasinya juga harus ada, untuk air minumnya direbus dulu karena air di kecamatan apa ini banyak mengandung zat kapur, di samping itu ibu ibu hamil tetap periksa di Puskesmas.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dengan menanam kembali pohon untuk kelangsungan mata air, selain itu juga hutan merupakan tempat atau rumah bagi para satwa liar, seperti burung dan lain sebagainya.

"Janganlah menebang hutan hanya untuk kepentingan atau kaya sesaat tetapi sengsaranya seumur hidup," sarannya.

"Marilah kita berdoa dan menjaga bersama-sama agar alam kita ini kembali seperti sedia kala sehingga untuk kedepannya dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya," tutup Wabup.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01