(Foto: Toro Doro di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Sumber BPPD NTB)


Dompu - Reportase7.com

Jika panorama alam pegunungan yang megah, di bawahnya bersandar laut biru dengan pasir putih yang indah adalah alasan kamu bermimpi tentang Iceland, maka bangun dan berhentilah bermimpi.

Terletak di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Pantai Toro Doro siap membawa anganmu terbang ke Iceland. Di sini mimpimu akan keindahan Islandia menjadi kenyataan. Deretan pegunungan menjulang tinggi, diapit bukit bukit karang dengan formasi unik, pantai pasir putih dan laut biru seolah bersatu menyambutmu. (20/08/2023)

Berbagai aktivitas menarik juga siap memanjakan harimu. Berenang di antara ribuan ikan warna warni, menyelam melihat keindahan istana terumbu karang, atau berselancar di antara gulungan ombak yang cukup tinggi dan konsisten. Jika kamu memiliki nyali ekstra dan ingin menaklukkan ombak yang lebih besar, Surga peselancar, Pantai Lakey hanya berjarak 17 km dari Toro Doro.

Tidak jauh dari Toro Doro juga terdapat Pantai Matiti yang cukup populer di kalangan para peselancar dan Pantai Oi Pana yang mendapatkan namanya karena keberadaan sumber air panas di salah satu bibir pantainya.

Buat para pengagum formasi bebatuan unik seperti columnar jointing yang kokoh menghadang ombak, di sebelah Oi Pana terdapat pantai Sarang Walet yang unik dan indah. Hanya saja untuk mencapainya diperlukan nyali ekstra. Akses menuju Sarang Walet cukup ekstrim karena harus menyisir hutan, bukit dan tebing curam.


Buat yang sekedar ingin bersantai menikmati pesona keindahan alam sambil rebahan atau menikmati makanan dan minuman segar, sejumlah fasilitas yang sudah cukup memadai tersedia di sepanjang jalan yang melintasi garis pantai dari Lakey - Matiti yang bisa kalian jadikan sebagai base untuk meng-eksplorasi keindahan Toro Doro dan pantai pantai di sekitarnya.

Jadi, tanpa perlu terbang jauh ke Eropa, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam seperti Islandia di Toro Doro.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01