(Foto: Air terjun Benang Kelambu, Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Semua mungkin setuju jika air terjun Niagara di Amerika adalah yang terindah di dunia, tetapi tahukah kalian kalau air terjun terunik justru berada di Indonesia.

Namanya Air terjun benang kelambu. Meski sudah sangat populer karena keindahannya, tidak banyak yang tahu dengan fakta keunikannya.

Jika air terjun pada umumnya terbentuk dari aliran sungai yang jatuh melalui tebing batu dan membentuk cekungan pada area jatuhannya, maka air terjun Benang Kelambu justru terbentuk dari adanya patahan lapisan tanah di dalam bumi yang oleh para geologist disebut aquifer layer fault.  Patahan yang terbentuk mampu menampung air hujan dalam jumlah besar dan dalam kurun waktu yang sangat lama. (22/08/2023)

Menurut para peneliti, air hujan yang turun dan masuk ke dalam patahan lapisan tanah tersebut akan mengalami proses pemurnian selama minimal 200 tahun sebelum keluar menjadi mata air. Jadi, air yang mengalir di Benang Kelambu hari ini adalah air hujan yang turun sekitar 200 tahun yang lalu.

Fenomena inilah yang menjadikan Benang Kelambu sebagai air terjun yang paling unik di dunia.

Dikutip dari Kompas, menurut Prof Ibrahim Komo (Vice President of Unesco Global Geopark), dari 10 air terjun terunik yang dirilis oleh UNESCO, Benang Kelambu adalah yang paling unik.

Terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan salah satu dari UNESCO Global Geoparks, Benang Kelambu termasuk salah satu dari sedikit air terjun yang memiliki akses relatif paling mudah di Pulau Lombok.

Berjarak hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Mataram, sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Lombok, dan sekitar 10 menit berkendara dari parkiran utama Benang Stokel dengan menggunakan jasa ojek lokal, keindahan air terjun benang Kelambu sudah bisa langsung dinikmati.

Bayangkan sensasi mandi dengan air hujan yang turun 200 tahun lalu. Hal itu hanya bisa kalian lakukan di Air terjun Benang Kelambu.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01