(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, meminta para orang tua siswa untuk tidak memaksakan anak-anak mereka harus masuk sekolah favorit.

Untuk jenjang SMA Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dimulai, Senin, 19 Juni 2023 dan menggunakan jalur afirmasi dan perpindahan orang tua.

Dikbud NTB mengkhawatirkan adanya permintaan dari para orang tua yang memaksakan anak-anaknya masuk ke sekolah favorit.

“Nanti kan melalui online, mereka mengisi formulir pemilihan sekolah melalui aplikasi PPDB. Harus konsisten dong dengan pilihan sekolah itu,” terang Aidy saat menghadiri pemilihan dewan kebudayaan, Jum'at (16/06/2023)

dikatakan Aidy, Kalau ada yang memaksakan tentu harus ada dasarnya dahulu. Selama pilihannya tidak mengganggu aturan yang berlaku, tentu akan dipertimbangkan.

“Urusan diterima atau tidaknya, tidak tahu, tetapi nanti akan dipertimbangkan. Intinya tidak boleh memaksakan,” jelasnya.

Orangtua seharusnya memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memilih di mana saja sekolah yang diinginkannya agar tidak mengganggu minat dan bakat anak. 

PPDB jenjang SMA 2023 mulai dari jalur afirmasi dan perpindahan orang tua, pendaftaran mulai tanggal 19 - 21 Juni 2023. Kemudian, jalur prestasi akan dimulai pada tanggal 26 - 28 Juni 2023. Terakhir, jalur zonasi dimulai tanggal 3 - 5 Juli 2023.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01