(Foto: Dr. H. Ahmad Rusni, SE., MM., M. Pd, bersama pengurus Lajuyapi Kecamatan Pemenang Lombok Utara yang telah di kukuhkan)


Lombok Utara - Reportase7.com

Koordinator Kecamatan (Korcam) Pemenang Kabupaten KLU menggelar pengukuhan kepengurusan Lajuyapi tingkat di Kecamatan Pemenang yang dihadiri oleh Ketua Umum DPD Lajuyapi sekaligus Pimpinan ARUS Foundation Group Dr. H. Ahmad Rusni, SE., MM., M. Pd, bertempat dirumah Haji Tawadi Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Kamis, (06/04/2023).

Hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut yakni Sekertaris Bidang Pemberdayaan Umat Junaidi, S. Pd,. M. Pd, Ketua DPD Lajuyapi Lombok Utara Tawadi, Koordinator dusun, serta anggota pengurus Lajuyapi Kecamatan Pemenang.

Yayasan Lajuyapi terus meningkatkan kepengurusan antar Kecamatan agar terbentuknya Koordinator pada masing-masing wilayah, sehingga nantinya dapat membantu para anak Yatim-piatu dalam mendapatkan bantuan.

Ahmad Rusni (ARUS) dalam sambutannya menyampaikan koordinator Kecamatan ini nantinya akan meluas mulai dari lahan sosial yakni pembuatan buku tabungan anak yatim piatu, lahan berikutnya yang berupa peternakan dan perkebunan.

Selain itu ada juga beberapa program-program pemberdayaan umat yang menjadi peran Koordinator Kecamatan (Korcam) di Lombok Utara, antara lain :

1. Pembuatan buku tabungan anak Yatim-piatu.

2. Pemerdayaan umat yang nantinya melalui pembagian hasil perkebunan dan peternakan serta wisata religi.

"Kemudian lahan-lahan yang ada di Lombok Utara juga akan di kelola oleh pengurus Lajuyapi yang merupakan bagian izin dari Yayasan Arus Foundation," lanjutnya.

Latar belakang berdirinya Yayasan ARUS Foundation ini dengan terpeliharanya beberapa anak yatim-piatu 5 tahun yang lalu, dan setelah itu berdiri selama 10 tahun, para pengurus melakukan door to door dengan keliling Dusun untuk membuka hati para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.


Ia juga menambahkan bahwa koordinator Dusun yang berada di Indonesia ini sebanyak 839.904 Dusun. Nantinya koordinator Dusun ( Kordus ) nantinya kordus ini akan segera di permanenkan, namun sebelum itu akan terlebih dahulu di kukuhkannya koordinator Kecamatan (Korcam).

Ada sebanyak 5.117 Korcam, 83.800 Desa/Kelurahan di Indonesia, 564 Kabupaten/Kota, dan 42 Provinsi yang akan menjadi target wilayah Lajuyapi se-Indonesia. Kemudian terdapat 12.224 Juta jumlah anak yatim dan Yatim-piatu se-Indonesia.

"Tujuan berdirinya Lajuyapi ini agar yang menjadi hak anak Yatim-piatu ini dapat di terima oleh mereka," terangnya.

Ahmad Rusni kemudian menjelaskan bagian isi dari berdirinya Lajuyapi ini ada 7 hal yakni Taat, energik, nyaman, toleran, rapi, amanah, dan mampu ( Tentram ). Selanjutnya yang menjadi program lainnya yaitu mensejahterakan anak yatim piatu dan lanjut usia.

Setelah terbentuknya kepengurusan Lajuyapi tingkat Korcam maka akan di lanjutkan dengan penandatangan MoU dan penyerahan tenaga kerja yang sudah mengikuti pembinaan pembekalan kerja langsung (PPKL).

"Ini adalah salah satu program kepengurusan Lajuyapi dan yang menjadi program terakhirnya adalah program UH - ASIK (Usaha Harmoniskan - Alam Sehat, Ekonomi Kuat)," pungkasnya.

ARUS berharap kedepannya semoga program dari DPP pengurus Lajuyapi ini dapat berjalan dengan lancar di tingkat dusun maupun Kecamatan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01