Selama 2024 Sudah Tiga Warga Korban Gigitan Anjing Liar, Polsek Alba Beserta Forkopimcam Sigap Berikan Pelayanan

Sumbawa - Reportase7.com

Pelayanan terbaik terus di tingkatan Mapolsek Alas Barat kepada masyarakat diwilayah hukumnya termasuk sigap terhadap laporan-laporan seperti menindaklanjuti laporan dan informasi adanya warga Desa Mapin Kebak, Kecamatan Alas Barat yang di gigit 'anjing gila' yang di duga terindikasi Rabies. Dari informasi tersebut, Polsek Alas Barat (Alba) langsung berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Dinas KUPT Prokeswan Alas beserta Kepala Desa setempat untuk dilakukan tindakan segera agar tidak menimbulkan keresahan warga.

Kapolsek juga menjelaskan dari hasil koordinasi yang dipimpin langsung Camat Alas Barat, Ardiansyah S. AP, di hadiri kepala KUPT Prokeswan Alas dan Alas Barat  Abdul Kadir, S. Pt, bersama drh. Tatang selaku kordinator Alas Barat dan Kepala Desa setempat secara langsung melakukan pencarian anjing yang diduga terindikasi Rabies, sekaligus memberikan himbauan kepada seluruh warga terkait bahaya dan antisipasi anjing terpapar Rabies serta melakukan vaksinasi rabies terhadap anjing peliharaan.

Kapolsek Alba Iptu Lalu sukardi menambahkan bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari Rabu  24 April 2024 kemarin sekitar pukul 07.00 Wita dengan korban atas nama M. Taufik (50) yang tinggal di lingkungan RT 01/01 dusun Mapin Kebak.

Informasi dari korban, masih kata Kapolsek Alba bahwa, korban secara tiba- tiba di serang oleh anjing dan mengigit telinga kiri korban dan korban langsung di larikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

"Untuk wilayah Desa Mapin Kebak, selama tahun 2024 sudah ada 3 warga yang di gigit anjing liar dan sudah mendapatkan vaksin rabies,"ujar Kapolsek Alba.

Menurut Kapolsek, secara keseluruhan tahun 2024 di Wilayah Kecamatan Alas Barat terdapat 11 orang korban dan telah dilakukan Vaksinasi di puskesmas Buer sebagai pusat Vaksinasi untuk wilayah Dapil 5 yang mencakup Kecamatan Rhee, Utan, Buer, Alas danKecamatan Alas Barat.

Demi mencegah bertambahnya korban, perlu langkah dan tindakan segera dari pemerintah dengan melibatkan masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran rabies serta memberikan pemahaman bahaya rabies karena dapat menyebabkan kematian.

"Langkah awal yang kami lakukan bersama Babinkamtibmas  melakukan himbauan kepada warga terkait bahaya dan antisipasi rabies," terangnya.

Sementara Camat Alas Barat. Ardiyansyah, S. Ap, menambahkan bahwa, korban yang diserang oleh anjing liar tersebut sudah langsung ditangani oleh pihak Puskesmas Alas Barat untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan vaksinasi agar korban tidak terkena rabies akibat gigitan anjing.

Camat Juga menjelaskan bahwa, Forkopincam bersama UPT Prokeswan Alas Barat akan menggelar kegiatan Vaksinasi secara menyeluruh di wilayah Desa Mapin Kebak minggu pertama pada bulan Mei mendatang.

"Ini sudah kami sampaikan langsung agar masyarakat yang memiliki anjing peliharaannya baik yang ada di kebun, sawah maupun di rumah untuk segara melakukan vaksinasi sehingga kejadian serupa tidak ada lagi terjadi," himbau Camat Alas Barat kepada masyarakat.

"Korban sudah mendapatkan perawatan medis sementara anjing liar tersebut dapat ditangkap guna mengambil sample apakah anjing tersebut rabies atau tidak sambil menunggu hasil laboratorium dari tim Prokeswan Alas dan Alas Barat," tukasnya.

Pewarta: RR/Mulyadi
Editor: R7 - 01