Terharu Lihat Hasil Pertanian Melimpah, Wabup Sumbawa Sebut Kecamatan Lunyuk Is The Best
(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, saat bersyafari Ramadhan di Masjid Qubah dusun Kalbir, Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk)

Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj.Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, beserta rombongan melaksanakan syafari ramadhan di masjid Qubah di dusun Kalbir, Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk, Kamis (21/3/2024)

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1445 hijriah kepada seluruh umat islam di kabupaten sumbawa khususnya di Kecamatan Lunyuk. Pada syafari Ramadan kali ini wakil Bupati memohon maaf kepada semua masyarakat yang ada di Kabupaten Sumbawa, khususnya masyarkat Kecamatan Luyuk karena belum bisa berbuat banyak.

Di kesempatan tersebut Wakil Bupati berharap kedepannya masyarakat Lunyuk memberikan suatu inovasi memberikan suatu hal yang lebih daripada Desa-desa atau kecamatan yang lainnya, karena saya lihat perputaran uang perputaran lingkungan dan sekitarnya itu sangat cepat sekali di kecamatan lunyuk.

"Saya merasa bangga produksi-produksi jagung, produksi produksi padi yang sangat berlimpah sekali ini luar biasa dan ini membanggakan bagi masyarakat tau tana samawa," ujar Hj. Novi.

Lebih lanjut Wakil Bupati menerangkan bahwa, program-program yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan di tahun 2024. Memastikan tepat sasaran.

"Ada pendidikan SD, SMP yang akan diberikan bantuan bangunan gedung lain sebagainya itu bentuk program unggulan H.MO- NOVI," terang Wabup.

Selain itu juga Kabupaten Sumbawa mempunyai program yang bernama UHC (Universal Health Coverage) di bidang kesehatan di mana seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa ketika sakit ditanggung oleh pemerintah Kabupaten sumbawa.

"Kalau tidak salah saya lihat anggarannya di BKAD sebesar 41 miliar, ini luar biasa," tegasnya.

Program UHC hanya ada di Kabupaten Sumbawa, ini juga merupakan bentuk dari program unggulan H. MO-NOVI. Tentu program UHC tersebut akan dapat terlaksana jika ada pelayanan dasar berupa KTP dan KK, oleh karena itu kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Lunyuk, pelayanan dasar harus terpenuhi.


Wakil Bupati Sumbawa juga sangat terharu menyaksikan Kecamatan Lunyuk yang luar biasa peningkatannya dari hasil pertanian terutama hasil palawija.

"Lunyuk is the best memang luar biasa  karena orang-orangnya hanya kita berikan sentuhan sedikit dia bisa mengembangkan dirinya, inilah yang menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan yang lainnya," tutup Wabup.

Berikut alokasi anggaran untuk Kecamatan Lunyuk Tahun 2024.

Dari Dinas pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp 650.000.000.

Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan pemukiman sebesar Rp 15.000.000.

Dinas Peternakan dan kesehatan hewan sebesar Rp 400.000.000.

Dari dinas Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 447.665.000.

Dari dinas kesehatan sebesar Rp 504.135.830.

Dinas pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sebesar Rp 60.000.000.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp 1.426.881.000.

Dari baznas kabupaten Sumbawa 10 sarung untuk pengurus Masjid.

Dari Kemenag kabupaten Sumbawa Alquran 5 buah untuk Masjid Qubah.

Dari bagian Kesejahteraan Rakyat setda Kabupaten Sumbawa sebesar untuk Masjid Qubah Rp 15.000.000.

TPQ Sumbersari sebesar Rp 20.000.000.
Grand total Rp 3.358.671.830.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01