Belongas Miniatur Raja Ampat dan Surga Para Penyelam

Lombok Barat - Reportase7.com

Terletak di pantai selatan Lombok Barat, sekitar 31 Km dari Pelabuhan Lembar, Teluk Belongas adalah surga tersembunyi bagi para penyelam berpengalaman yang mencari petualangan yang tak terlupakan.

Meski masih terdengar asing di telinga wisatawan umum, Teluk terpencil ini sangat populer di kalangan para penyelam karena memiliki sejumlah diving spots kelas dunia, seperti Magnet point dan Katedral.

Kawasan ini terkenal dengan arus lautnya yang kuat, jadi pastikan untuk menggunakan jasa dive instructor atau guide berpengalaman. (31/01/2024)

Buat para penyelam yang ingin mencari pengalaman menyelam tak tertandingi, Magnet point adalah salah satu yang paling diminati di Indonesia dan sering disebut sebagai the pinnacle of diving.

Terletak di perairan terbuka, puncak ini terletak sekitar 80 meter di bawah permukaan dan dikenal karena arus laut yang kuat, gelombang, dan potensi angin turun. Tetapi jangan biarkan rasa takut menguasai Anda, karena kondisi yang menantang ini juga lah yang menarik spesies bawah laut yang besar untuk bermain, seperti gerombolan Hiu Martil, barracuda, tuna, dan pari.

Situs populer lainnya adalah Katedral, yang terletak persis di sebelah timur Magnet point. Katedral memiliki gua besar pada kedalaman 40 meter dan menjadi rumah bagi ikan-ikan pelagis. Situs ini juga menawarkan lanskap bawah air yang menakjubkan dan unik.


Tidak hanya bagi penyelam berpengalaman, Teluk Belongas juga memiliki sejumlah situs yang cocok untuk semua level penyelam, seperti Gili Sarang dan Coral Garden. Spot ini terletak di dekat pintu masuk teluk dan menawarkan kehidupan laut yang beragam, air jernih, dan terumbu karang beraneka jenis dan warna.

Selain memiliki surga bawah laut yang menakjubkan, Teluk Belongas juga dikelilingi oleh pantai dengan lanskap yang menakjubkan seperti orong bukal yang kerap dijuluki Raja Ampat Kecil di Lombok, Pantai Piling, Pantai Pangsing, dan sebagainya. Perairan di sekitar pantai Teluk Belongas juga cukup bagus untuk berenang.

Meskipun demikian, diperlukan sedikit perjuangan untuk Menuju Teluk Belongas karena kondisi jalannya yang masih berbatu dan agak terjal di beberapa titik. Juga belum tersedia banyak opsi penginapan, hanya ada beberapa penginapan sederhana dengan fasilitas seadanya.

Jadi, pastikan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan dan selalu pastikan untuk menggunakan jasa guide lokal setempat yang berpengalaman.

Sumber: BPPD NTB
Editor: R7 - 01