(Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviay, S. Pd., M. Pd, saat pengukuhan guru penggerak)

Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, membuka acara lokakarya 7 program pendidikan guru penggerak angkatan 8 dengan tema "PANEN HASIL BELAJAR" pada acara tersebut hadir pula Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat sekaligus panitia Baharudin, SS, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa  Dr. M. Iksan Safitri, Kepala Cabang Dinas Dikbud Provinsi Nusa Tenggara Barat dan peserta lokakarya 7 program pendidikan guru penggerak, acara tersebut berlangsung di Aula Gedung SMKN 1 Sumbawa Besar, Sabtu (02/12/2023)

Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah, dalam rangka meningkatkan wawasan kompetensi, dan profesionalisme guru.

"Kegiatan ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, Balai guru penggerak Propinsi Nusa Tenggara Barat," ujar Wabup Sumbawa.

Disampaikan Wabup Sumbawa bahwa, Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Nusa Tenggara Barat, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa.

"Peserta lokakarya pada hari ini adalah calon guru penggerak yang telah melaksanakan lokakarya selama 6 bulan dan hari ini kita kukuhkan, serta diiringi pameran panen hasil," terang Wabup.

Kehadiran guru penggerak di Kabupaten Sumbawa membawa perubahan yang luar biasa, guru sebagai "AGENT OF CHANGE" atau Insan perubahan sebagai penyejuk dalam kehausan, Pelita yang menerangi Jalan Baru kehidupan, mereka pantas dihormati sebagai Patriot bagi pendidikan Indonesia.


Lebih lanjut wakil bupati mengatakan, guru sebagai agen perubahan sebagai pemimpin pelajaran untuk mewujudkan pendidikan berkualitas harus memiliki nilai karakter mandiri, kreatif, inovatif, kolaborative dan selalu mengedepankan siswa dalam setiap pembelajaran, di samping itu juga guru memiliki kematangan moral mampu mengelola emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik dan yang tidak kalah pentingnya adalah menjadi guru yang selalu dirindukan oleh murid dalam melahirkan anak-anak cerdas berkarakter dan bermartabat

Wakil Bupati berharap semangat dan berkelanjutan dari para guru penggerak yang hadir di ruang ini untuk terus bergerak maju membawa perubahan yang lebih baik.

"Salah satu keunggulan seorang guru penggerak dapat diangkat menjadi kepala sekolah," tutup Wabup.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01