(Foto: Calon legislatif DPRD Provinsi NTB Uki Kifli, MA, dapil Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat nomor urut 2)


Mataram - Reportase7.com

Calon legislatif (caleg) DPRD Provinsi NTB dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Uki Kifli, MA, membangun komunikasi politik dengan cara-cara bergerilya, hampir semua wilayah pemilihan telah ia datangi. Sebagai caleg DPRD Provinsi NTB yang memiliki wilayah yang cukup luas meliputi 2 Kabupaten yakni Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat tentu sangat menguras tenaga dan pikiran.

Hal ini yang menjadikannya untuk membangun strategi atau karangka politik yang relevan agar dapat meminimalisir kondisi di lapangan. Strategi-strategi politik yang di bangun Uki Kifli mendapat perhatian dan respon positif dari para konstituen. Terlihat dari beberapa postingan di media sosial miliknya, dibeberapa tempat dimana ia mendapat kesempatan berkunjung menemui dan bercengkrama dengan masyarakat selalu menyambutnya dengan hangat dan penuh keakraban.

Untuk itu ia merasa sangat optimis dan ikhtiar meraih suara yang maksimal namun tidak meremehkan para seniornya yang telah duluan terjun ke dunia politik dan maju sebagai caleg. (17/09/2023)

Berikut ini adalah beberapa strategi yang telah dibangun oleh Uki Kifli;

1. Membangun basis dukungan

Sebagai calon anggota legislatif perlu membangun basis dukungan di wilayah pemilihannya. Hal ini di lakukan oleh caleg Millinial Uki Kifli dengan membangun hubungan dengan tokoh masyarakat, anggota partai politik, serta organisasi-organisasi masyarakat yang ada di wilayah pemilihan. Ia juga melakukan kampanye sosial dan memperkenalkan diri serta visi misinya kepada masyarakat.

2. Memanfaatkan media sosial

Media sosial menjadi salah satu sarana penting dalam kampanye politik. Ini yang kerap dilakukan oleh Uki Kifli calon anggota legislatif dengan memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan dirinya serta visi misinya kepada masyarakat. Ia juga selalu menjadikan medsos sebagai sarana kampanye dan memperkenalkan dirinya dengan cara membuat konten yang menarik, mengikuti trend terkini, serta melakukan interaksi dengan pengguna media sosial.

3. Fokus pada isu-isu penting

Calon anggota legislatif perlu fokus pada isu-isu penting yang relevan dengan masyarakat di wilayah pemilihannya. Hal ini juga menjadi strategi Uki Kifli dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat, dengan melakukan riset pasar mengenai isu-isu yang sedang hangat dibicarakan di wilayah tersebut dan menyusun program kerja yang berorientasi pada solusi dari masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat.

4. Menjalin relasi dengan media

Dalam menjalin relasi dengan media, calon anggota legislatif perlu berkomunikasi dengan baik dan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Jauh sebelum ia maju sebagai calon legislatif, Uki Kifli sudah lama menjalin hubungan atau relasi dengan media, baik media cetak maupun online. Diketahui bahwa ia sebelumnya juga sebagai staf khusus Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc, yang tentu tiap hari berinteraksi dengan media.

5. Membuat tim kampanye atau pemenangan yang solid

Calon anggota legislatif perlu membuat tim kemenangan yang solid dan terorganisir dengan baik. Beberapa bulan terakhir Uki Kifli telah membuat tim yang terstruktur di hampir semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat, tim pemenangan ini dapat membantu dalam merencanakan strategi kampanye dan kemenangan, melakukan kegiatan kampanye, serta mengkoordinasikan dukungan dari relawan dan simpatisan.

6. Membangun citra positif

Calon anggota legislatif perlu membangun citra positif di mata masyarakat. Hal ini yang selalu dilakukan oleh Uki Kifli, sebagai caleg muda tentu dengan cara menjaga integritas dan moralitas yang tinggi menjadi poin dalam menerapkan politik santun, serta menghindari tindakan-tindakan yang kontroversial atau konteks yang merugikan citranya sebagai caleg DPRD Provinsi.

7. Mengoptimalkan kampanye langsung

Kampanye langsung tetap menjadi salah satu strategi yang efektif dalam pemenangan caleg. Hal seperti ini yang selama ini diterapkan oleh Uki Kifli dengan cara mendatangi langsung para konstituen yang ada di semua wilayah pemilihan, dari ujung timur Kabupaten Sumbawa yakni Kecamatan Terano sampai ujung barat Kabupaten Sumbawa Barat yakni Kecamatan Sekongkang telah ia datangi dan bertemu langsung dengan masyarakat, bahkan sering kali menghadiri acara-acara masyarakat, mengunjungi rumah-rumah warga, serta berdialog dengan masyarakat secara langsung.

Strategi pemenangan caleg seperti ini tidak dapat dipandang sebagai sesuatu yang sederhana atau dapat dicapai dengan mudah. Tentu calon anggota legislatif perlu memperhatikan banyak faktor dan melakukan upaya yang terus-menerus untuk meraih kemenangan.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01