(Foto: Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo, SP, bersama Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa  saat menyalurkan bantuan BLT DD tahun 2023 di kantor Desa Talonang Baru)


Sumbawa Barat - Reportase7.com

Pemerintah Desa Talonang Baru melaksanakan penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2023 periode bulan Juli sampai dengan September tahun 2023 kepada sejumlah warga Desa Talonang Baru yang sudah ditetapkan dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa. (01/09/2023)

Desa Talonang Baru yang terletak di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Talonang Baru, Kamis 31 Agustus 2023. BLT DD disalurkan kepada 29 KPM dengan jumlah dana masing-masing Rp 900.000 dengan perincian masing-masing KPM menerima Rp 300.000 per bulan dan dirapel dalam 3 bulan yakni bulan Juli, Agustus, dan September.

Penyaluran BLT Dana Desa secara simbolis dipimipin langsung Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo, SP, dan didampingi Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Talonang Baru.

Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo, SP, dalam sambutannya mengatakan bahwa, penyaluran bantuan BLT DD ini merupakan yang ke tiga kalinya dalam tanun 2023, dan bersumber dari Dana Desa. Ia berharap kepada masyarakat penerima bantua BLT agar dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan baik dan tepat sasaran.

"Saya harap bantuan BLT ini dapat di pergunakan dengan baik oleh masyarakat Talonang Baru," ungkap Kades Talonang Baru Budi Haryo.

Ia juga menjelaskan bahwa, keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa akan menerima BLT Dana Desa sebanyak 12 Bulan dan BLT Dana Desa sudah disalurkan sebanyak 3 tahap.

"Tahap 1 bulan Januari - Maret, Tahap 2 bulan April - Juni dan Tahap 3 bulan Juli - September," paparnya.

Kades Talonang Baru berharap bijaksana dalam penggunaan bantuan yang di dapat dari bantuan BLT DD tahun 2023 oleh masyarakat dapat di gunakan untuk belanja kebutuhan pokok yang memang penting dan mendesak.


Kegiatan penyaluran BLT Dana Desa berjalan lancar aman, kondusif dan tertib.

Ditempat terpisah Ketua BPD Desa Talonang Baru Syaifullah juga menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan bantuan BLT DD tahun 2023 tahap ke 3 berjalan lancar dan aman. Ia menekankan kepada masyarakat penerima bantuan BLT DD agar mampu memaksimalkan penggunaan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah Desa Talonang Baru.

"Bantuan BLT DD ini akan disalurkan selama 12 bulan yang terbagi dalam 4 tahap, saat ini kita melaksanakan penyaluran tahap ke 3. Tinggal 1 tahan lagi nanti sekitar pada bulan Desember," ujar Syaifullah Ketua BPD Desa Talonang Baru.

Ia juga menilai pemerintah Desa Talonang Baru telah melakukan validasi pada tingkat dusun untuk melakukan pendataan secara menyeluruh dan transparan agar tidak ada masyarakat yang meras di diskriminasikan.

"Tidak ada warga Desa Talonang Baru yang merasa di diskriminasi, karena pendataan sudah sesuai dan sangat akuntabel, warga yang layak menerima bantuan BLT DD pasti kami berikan. Hal ini untuk menghindar ketimpangan dalam masyarakat, khusunya di Desa Talonang Baru," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01