(Foto: Tim debat MAN 2 Mataram Ilmana Chiyarona Akrom dari kelas XII IPA 4, Muhammad Niko XI IPA 1, dan Kate Rachael Sullivan XI 9 yang sukses raih juara 2 pada Argument Debating Championship Tingkat Nasional)


Mataram - Reportase7.com

Madrasah English Club (MEC) adalah salah satu organisasi ekstrakurikuler di MAN 2 Mataram (Manda). Organisasi ini memiliki rekam jejak berprestasi baik di tingkat nasional maupum internasional.

Prestasi terbaru yang diukir anggota MEC terutama Tim Debat Bahasa Inggris adalah berhasil meraih Juara 2 atau 1st Runner Up pada Lomba Argument Debating Championship Tingkat Nasional. (21/07/2023)

Ajang Argument Debating Championship Tingkat Nasional ini diselenggarakan oleh Universitas Mataram (Unram) dan ajang ini diikuti oleh perguruan tinggi dan pelajar SMA/sederajat di seluruh Indonesia.

Tim Debat Bahasa Inggris dari Manda yakni, Ilmana Chiyarona Akrom dari kelas XII IPA 4, Muhammad Niko XI IPA 1, dan Kate Rachael Sullivan XI 9.  

Selain itu, Tim Debat Bahasa Inggris Manda juga meraih tiga kategori sebagai Best Speaker. Ilmana Chiyarona Akrom meraih Best Speaker urutan pertama (1st), Muhammad Niko meraih Best Speaker urutan keempat (4th), dan Kate Rachael Sullivan sebagai urutan kelima (5th) Best Speaker. 

Pembina MEC Manda, Fina Karismayanti, S. Pd, bersyukur anak didiknya berhasil mengukir prestasil di ajang bergengsi ini.

"Ia berharap ke depannya MEC mampu mempersembahkan prestasi-prestasi spektakuler seperti raihan prestasi para seniornya, bahkan melebihi," ungkapnya

Fina jyga mengucapkan terima kasih kepada pihak madrasah terutama Kepala Madrasah atas dukungan dan doa tulus kepada anak didiknya. 

“Terima kasih atas dukungan penuh dari Bapak Kepala, Ibu KTU serta seluruh keluarga besar Manda yang tulus ikhlas. Semoga prestasi demi prestasi terus terukir di bingkai kebanggaan MAN 2 Mataram tercinta,” ujarnya.

Prestasi yang diraih ekstrakurikuler MEC ini juga sangat banyak, yaitu pernah meraih 13 medali (6 emas dan tujuh perak) pada ajang Debat International di Filipina tahun 2018.

Kemudian secara berturut-turut anggota MEC mengukir prestasi di berbagai ajang internasional, seperti Lalu Ladeva yang berhasil mengikuti pertukaran pelajar ke Indiana, Amerika Serikat. 

Selain itu, Caliana Alula berhasil menjadi the Best Speaker di ajang AIMUN simulasi sidang PBB di Istanbul Turki dan mendapat beasiswa di United Kingdom, tepatnya di University Liverpool

Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS., M.Pd., sangat mengapresiasi raihan yang diraih oleh anak-anak MEC.

Syauki memberi ucapan selamat dan terima kasih kepada Tim Debat Bahasa Inggris yang sudah mempersiapkan diri dengan maksimal.

"Ia juga berpesan agar mereka menyiapkan diri kembali untuk mengikuti ajang berikutnya," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01