(Foto: Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata Akhmad Husni, S. Pd., MM)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Sekolah Menengah Atas (SMA) Terbuka merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud NTB) sebagai alternatif dan solusi bagi anak usia sekolah yang tidak dapat menjangkau SMA reguler pada umumnya.

Salah satu SMA Terbuka yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah yakni SMAN 1 Pringgerata.

Sekolah ini terus melakukan upaya dalam meningkatkan peserta didiknya. Sehingga, anak-anak yang putus sekolah dapat melanjutkan pendidikannya seperti sekolah reguler.

Ditemui media Reportase7, Kamis, (06/07/2023) Kepala SMAN 1 Pringgarate Akhmad Husni, S.Pd.,MM mengungkapkan sekolahnya terus lakukan upaya agar anak-anak yang putus sekolah di daerahnya mau melanjutkan pendidikan.

"SMA Terbuka di sekolah ini terus berjalan semenjak dibuka dari tahun 2022. Berbagai upaya di lakukan pihak sekolah agar minat anak yang putus sekolah memiliki keinginan untuk lanjutkan pendidikannya," ungkap Akhmad Husni.

Saat ini jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran di SMA Terbuka berjumlah hingga 115 orang, ada juga yang lulus sebanyak 27 orang di tahun 2022 lalu dan mendapatkan ijazah seperti ijazah sekolah reguler.

Ada berbagai hal yang mengakibatkan anak putus sekolah, terutama dikarenakan faktor minimnya ekonomi, dan juga keinginan mereka yang menikah pada usia dini, imbuhnya.

Untuk meningkatkan pembelajaran, pihaknya lakukan pelajaran tatap muka selama 3 hari dalam sepekan.

"Dengan pelaksanaan belajar di empat tempat kegiatan belajar (TKB) di Desa tersebut," jelasnya.

SMA Terbuka adalah jalan anak-anak yang putus sekolah dalam melanjutkan pendidikannya. Dan dihajatkan untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh pendidikan SMA secara gratis.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01