Oleh :
Shinta Silpiany
Mahasiswi Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa - Reportase7.com


MAGANG merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di lembaga pendidikan yang berkaitan dengan program studi mahasiswa tersebut.
Tujuan dari kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain adalah penerapan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan.

Sebagai bagian dari magang, mahasiswa diberikan pengalaman kerja langsung, yang tujuannya untuk memperdalam pemahaman ilmu yang diperoleh di perkuliahan dengan praktek kerja nyata, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dan kemampuan di atas rata – rata dalam dunia kerja. (08/06/2023)

Perguruan tinggi sebagai institusi menawarkan kepada mahasiswa kesempatan untuk berhasil dalam dunia kerja, salah satunya adalah penyediaan magang sebagai  langkah awal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Selain universitas, ada program yang menjadi wadah bagi mahasiswa dalam melaksanakan magang yaitu kampus merdeka.  

Kampus Merdeka  merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kebijakan tersebut memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing. 

Program UTS Magang bekerjasama dengan beberapa instansi yang akan menjadi tempat mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang, salah satunya adalah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumbawa lebih tepatnya di kantor NOTARIS/PPAT DEWI SARTIKA UTAMI, S.H.,M.Kn.

Selama magang kurang lebih 3 bulan (1 Maret – 30 Mei 2023), saya belajar banyak hal selama magang di kantor NOTARIS/PPAT, seperti mengetahui alur proses balik nama, kelengkapan berkas yang harus dilengkapi, cara membuat akta, cara menggaris minuta, membuat laporan bulanan NOTARIS/PPAT dan masih banyak hal lainnya yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya tentang profesi notaris.

Selama magang, saya juga mengetahui bahwa notaris juga bekerja sama dengan beberapa instansi, seperti bank, pegadaian, atau sesama  rekan notaris.

Hari-hari magang juga tidak kalah serunya, saya berkenalan dengan orang-orang baru. Mbak Sagiri dan Mbak Raudatul Izzah yang selalu menemani dan  membimbing saya dalam setiap kegiatan.

Tak lupa juga dengan Ibu Notaris Dewi Sartika Utami, SH., M. Kn, yang telah mengizinkan saya untuk melakukan kegiatan magang di kantornya selama 3 bulan serta kebaikan-kebaikan beliau terhadap saya tidak akan pernah saya lupakan, terimakasih untuk ilmu dan  kesempatan yang telah diberikan kepada saya dan semoga ilmu yang saya dapatkan bisa berguna dimasa yang akan datang.

=OPINI=