(Foto: Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah bersama Designer Nasional Asri Welas serta para guru dan siswa SMK Negeri 5 Mataram saat gelar Workshop Batik Sasambo oleh Bank NTB Syariah)


Mataram - Reportase7.com

Dekranasda NTB dalam rangkaian promosi Limoff (Lombok Internasional Modest Fashion) telah menyelenggarakan Pelatihan Batik Cap Lombok bersama Designer Nasional Asri Welas yang bekerja sama dengan Bank NTB Syariah.

Workshop ini diadakan selama 4 hari dari tanggal 29 Mei - 1 Juni 2023 bertempat di Aula Skema Parc SMKN 5 Mataram.

Acara workshop ditutup oleh Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Kamis, (01/06/2023).

Bunda Niken menyampaikan workshop ini menjadi salah satu titik sejarah dalam Perbankan di Nusa Tenggara Barat yaitu bekerjasama dengan Asri Welas.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk membuat sebuah corak baru, motif-motif baru yang mengadopsi dari kisah-kisah yang luar biasa di Nusa Tenggara Barat dalam sebuah karya membatik merupakan sejarah dalam perbankan di NTB, ungkap Bunda Niken.

Menurutnya, Batik Sasambo sudah satu tahun dikembangkan, dan dikenalkan ke publik pada tanggal 17 April 2010. Perilisan batik ini merupakan dukungan dari daerah pemerintah NTB untuk mengembangkan batik khas daerah setempat.

Untuk sejarah batik Sasambo dikatakan Bunda Niken sudah ada sejak zaman dulu, seperti kebiasaan masyarakat NTB tempo dulu yang membatik diatas kain tenun.

"Batik Sasambo menjadi tambah menarik dengan dipadukan kisah-kisah tradisional. Batik ini menjadi menarik ketika tidak lepas dari kisah tradisional NTB, seperti kisah bau nyale, pernikahan dan lain-lain yang dapat diritualkan dengan batik," imbuhnya.

Ia mengingatkan kepada seluruh peserta workshop agar menyiapkan diri untuk bergabung dalam bekerjasama designer nasional Asri Welas sehingga akan meningkatkan kualitas dan inovasi yang baru disetiap harinya.

Dari Pemerintah Provinsi akan terus mensupport dan berharap bahwa semangat yang sudah dimulai akan terus bergulir ke depan dan Nusa Tenggara Barat akan menjadi salah satu daerah yang maju dari sisi kriya kreatif dan ikut menghasilkan karya-karya satu daerah.

Designer Nasional Asri Welas juga menambahkan batik Sasambo nantinya akan di aplikasikan atau dikembangkan dengan batik asal Jawa.


"Batik ini juga akan dipasarkan secara global, tidak secara daerah atau NTB saja," terangnya.

Asri Welas, berharap agar pelatihan ini dapat menghasilkan produk batik yang dapat dipasarkan hingga ke luar NTB.

Kepala SMKN 5 Mataram Haji Istiqlal secara terpisah mengungkapkan rasa bangganya telah dipercayai sebagai lokasi dalam pelaksanaan workshop ini. Tentunya ini merupakan anugerah yang sangat besar, karena ini istilahnya sudah figur nasional bahkan sampai internasional.

"Kami juga adakan MoU atau kerjasama dengan Asri Welas dalam hal batik printing dan marketingnya, saat ini sudah mulai berproses," ujar H. Istiqlal.

Lanjut H. Istiqlal, bahwa batik yang telah dibuat saat pelatihan ini akan di jual kembali ke Jakarta dan tentunya dengan menerbitkan hak intelektualnya, agar tidak di copy paste atau ditiru oleh siapapun.

Hadir dalam acara tersebut wakil ketua Dekranasda, Direktur bank NTB Syariah, para kepala dinas dari provinsi dan Kepala SMK 5 Mataram. Acara ini diikuti oleh 15 peserta terdiri dari pelaku usaha batik Sasambo dan siswa-siswi SMK jurusan
Tekstil.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01