(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud NTB) menggelar puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dengan Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) 2023. Dalam AISO 2023, sekolah-sekolah dan guru berprestasi diberikan penghargaaan pada Selasa, 02 Mai 2023, bersamaan dengan peluncuran sejumlah program strategis Dinas Dikbud NTB.

Puncak peringatan Hardikas bertemakan Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, Asisten II Setda NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp. A., M. Ph, Kadis Dikbud NTB H. Aidy Furqan, S.Pd,.M.Pd, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd., dalam laporannya menyampaikan 2 mei 2023 ini merupakan Hari Pendidikan Nasional yang tema disampaikan oleh Kementerian cukup semarak yaitu bergerak bersama menyemarakkan merdeka belajar.

Sinyal yang diberikan oleh Kementerian adalah untuk kita menciptakan iklim pembelajaran enjoy folling terutama pada periode tahun 2023/2024 mengawal kurikulum merdeka belajar.

"Saya bangun pula perwakilan dari Kementerian Dikbud Ristek yang dihadiri oleh Dr. Irfan sahabat saya di Direktorat SMA beliau ini yang mengawal kita mulai sarpras ini jadi kerap kali kita koordinasi dan kami kenal sejak 2006 yang lalu menjadi tim Kementerian bersama di Jakarta," ungkap Aidy.

Malam Anugerah Istimewa Sekolah merupakan malam anugerah tahunan setiap bulan mei diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada SMA, SMK, SLB Negeri dan Swasta juga yang ikut mengambil peran dalam mendukung program program NTB gemilang.

"Proses penilaian tahunan mulai dari evaluasi kinerja kepala sekolah, integrasi program sekolah dengan program unggulan pemerintah Nusa Tenggara Barat, serta inovasi-inovasi dalam mewujudkan kurikulum merdeka, papar Aidy.

"Belajar salah satu yang kita lihat tadi adalah tayangan pada sejumlah penggalan-penggalan video yang sudah kita laksanakan dan proses penilaiannya melalui observasi pengisian instrumen dan interview serta kunjungan langsung.

Dari berbagai pihak termasuk kita juga mendapat rekomendasi atas temuan-temuan pemeriksa keuangan dari Inspektorat maupun BPK dan itu menjadi bagian dari penilaian kami juga, lanjutnya.

Oleh karena itu, wakil gubernur pada kesempatan ini ada tambahan inovasi anugerah istimewa yang pada malam ini selain dari 3 tahun yang lalu kita sudah mulai melaksanakan yaitu akan mendapatkan status SMA berkualitas, SMK berkualitas, kemudian SLB yang inovatif dan kreatif.

Dalam AISO ini ada beberapa penghargaan terhadap dukungan langsung sekolah, di antaranya adalah sekolah bersih dan sehat pelayanan bagi stanting, kemudian pemanfaatan teknologi informasi di kalangan sekolah.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada sekolah yang menguatkan program unggulan Nusa Tenggara Barat, yakni ada sekolah yang sampai saat ini program kemitraannya dengan pihak ketiga itu sangat kuat. Ada juga SMA terbuka sebagai bentuk pelayanan kita untuk perluasan akses, satu lagi inovasi tambahan kita di AISO 2023 ini yakni video profile sekolah di mana video profil sekolah ini kita integrasikan dengan aplikasi penerimaan peserta didik baru," tutup Aidy.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, dalam sambutannya juga menambahkan semangat motivasi sangat berpengaruh dalam berprestasi.

"Karena yang namanya anugerah itu berpengaruh juga terhadap, motivasi semangat dari pada sekolah tersebut untuk terus membenahi dirinya dari waktu ke waktu," ungkap Ummi Rohmi.

Jadi yang kita inginkan di NTB ini semua anak didik kita itu senang bersekolah, Senang di sekolah jangan sampai sekolah itu menjadi momok bagi mereka, tetapi sekolah itu menyenangkan bagi mereka, lanjutnya.

Ummi Rohmi kembali mengingatkan kepada semua sekolah yang ada di Provinsi NTB, terutama SMA dan SMK agar tidak adanya bullying di sekolah. Karena, suksesnya kepala sekolah itu yakni kepala sekolah yang bisa membuat lingkungan sekolah itu benar-benar aman, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak dan mereka juga bisa mendapatkan sahabat di sekolah, serta mendapatkan orang tua di sekolah.

Beliau berharap semoga anak-anak SMA/SMK, SLB semakin dahsyat, dan maindset dari pada anak-anak harus bisa diubah, sehingga merek memiliki etos kerja yang baik, memiliki daya juang yang tinggi.

"Memiliki inovasi yang baik menyesuaikan diri dengan kebutuhan, karena memang kebutuhan ke depan harus pandai menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Seperti apa kondisi yang ada di depannya, dia harus menyesuaikan diri dengan bekal ilmu yang dia punya," tutup Ummi Rohmi.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01