(Foto: Dr. Ahmad Rusni, SE., MM., M. Pd, bersama pengurus Lajuyapi di Lombok Utara)


Lombok Utara - Reportase7.com

Pengukuhan pengurus Lanjut Usia dan Yatim Piatu (Lajuyapi) berlangsung sederhana dan penuh keakraban bertempat di Kantor Desa Sukadana, Bayan Kabuoaten Lombok Utara, Minggu (09/04/2023).

Kegiatan diawali dengan pembukaan acara sambutan dari penanggung jawab Lajuyapi Desa Bayan dan dilanjutkan oleh Ketua DPP Indonesia Arus Fondation DR. H. Ahmad Rusni, SE,. MM,. M. Pd.

Penanggung jawab wilayah Desa Bayan menyampaikan saat ini jumlah kordus di Kecamatan Bayan sudsh mencapai 106 kordus. Semoga dengan adanya kordus di Kecamatan Bayan ini akan semakin meningkatkan tugas dalam mengurus Lajuyapi ini.

Ketua Umum Lajuyapi DR. H. Ahmad Rusni, SE., MM., M. Pd, menyampaikan bahwa, para pengurus Lajuyapi tingkat Kecamatan Bayan yang setelah dikukuhkan akan segera melaksanakan tugasnya dalam mengurus anak-anak yatim-piatu dan lanjut usia.

"Kita sebagai koordinator benar ditugaskan untuk memelihara anak yatim dan lanjut usia," ujar H. Rusni panggilan akrab ketua umum Lajuyapi Indonesia.

Ia menjelaskan, nantinya tugas dari pada pengurus ini yakni membantu anak yatim piatu dalam mendapatkan haknya, contoh dibantu untuk memperoleh bantuan.

"Sedangkan dari Arus Fondation akan dibantu dengan pembuatan rekening untuk masing-masing anak yatim piatu, dan rekening itu akan dipergunakan dalam menerima bantuan sehingga saldo atau jumlah uangnya akan langsung masuk ke rekening penerima bukan ke rekening Yayasan sendiri," lanjut H. Rusni.

Didalam struktur Lajuyapi ini juga adanya Ketua Bidang Pemberdayaan Umat yakni Junaidi, S.Pd yang tugasnya untuk merekrut lapangan kerja dan diutamakan dari pengurus Lajuyapi.

H. Rusni juga memaparkan bahwa, lapangan kerja yang akan disiapkan untuk masyarakat misalkan merancang lahan untuk pertanian dan peternakan, wisata religi, dan agro wisata. Itu semua akan dikelola oleh para pengurus Lajuyapi dengan berjamaah dan berbagi hasil yang tentunya juga akan semakin menguntungkan.

"Jika nantinya dari para pengurus ingin masuk ke dalam dunia politik, tidak ada masalah. Karena, politik itu wajib dalam hak berbangsa dan bernegara. Misalkan, nanti ada pemimpin yang bergabung dalam suatu partai tidak ada larangan," imbuhnya.

"Sudah menjadi kewajiban kita bersama dalam membina Lajuyapi. Insya Allah jika kita ikhlas dalam menjalankan program-program saat ini maka Allah akan buka tujuh ribu jalan pintu rezeki untuk kita semua," pungkasnya.



Arus Fondation Kukuhkan Pengurus Lajuyapi Tingkat Kecamatan Kayangan KLU

Setelah dikukuhkannya para pengurus tingkat Kecamatan Bayan, Arus Fondation lanjutkan pengukuhan di tingkat Kecamatan Kayangan, bertempat di Aula Kantor Desa Kayangan.

Ia juga mengingatkan saat ini yang terpenting adalah bagaimana cara mengurus anak-anak Yatim Piatu dsn Lanjut Usia ini, karena terkait hal sosial harus dijalankan dengan ikhlas.

Kegiatan di Kantor Desa Kayangan ini dibuka oleh Kepala Desa setempat dengan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua Umum Aris Fondation yang dinilai sangat antusias dalam mengurus Lajuyapi ini.

H. Rusni kemudian dalam pidato singkatnya juga menjelaskan kepada para pengurus Lajuyapi tingkat Kecamatan Kayangan bahwa nantinya setelah dikukuhkan dan dilantik maka para pengurus harus menjalankan tugasnya, dan ini terdiri dari kordus dan korcam.

Nantinya para pengurus Korcam dan Kordus yang telah terbentuk untuk Lajuyapi ini akan dikukuhkan oleh Menteri Sosial. Karena telah memiliki izin dari Yayasan Arus Fondation.

Izin Yayasan Lajuyapi ini sudah diperoleh sejak 15 tahun yang lalu dengan memelihara beberapa anak yatim piatu sehingga akan dengan mudah juga dalam mendapatkan bantuan nantinya, baik dari masyarakat maupun dari negara, imbuh H. Rusni.

Arus Fondation tidak hanya bertugas dalam mengurus Lajuyapi, akan tetapi juga menyediakan lapangan kerja bagi para pengurus.

Sama halnya dengan kecamatan lain, nantinya para pengurus dapat mencari kelompok atau tim untuk mengurus lahan pertanian dan peternakan yang telah tersedia. Dalam kelompok terdiri dari 10 orang, masing-masing kelompok akam diberikan 5 hektar lahan untuk mengolahnya.

"Sebagai contoh untuk lahan peternakan, akan diberikan sumbangan kambing sebanyak lima ribu ekor terdiri dari kambing kacang. Kambing ini dalam setahun akan melahirkan dua kali sebanyak dua puluh ribu anak kambing. Kemudian dari hasil inilah yang akan dijual dan bisa memperoleh keuntungan hinggal satu miliyaran rupiah," terang H. Rusni.

Koordinator dusun yang berada di Indonesia ini sebanyak 839.904 dusun, dan untuk pulau Lombok dan Sumbawa akan dikukuhkan para pengurus nantinya oleh Menteri Sosial sebanyak tiga puluh ribu pengurus Lajuyapi.

"Semoga dengan terbentuknya para pengurus ini akan menjadikan tugas kita mendapatkan pahala diSisi Allah SWT. Karena didunia ini kita hidup untuk mendapatkan Ridha Allah," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01