(Foto: Budi Susilo Kepala SMKN 1 Alas)

Sumbawa - Reportase7.com

SMKN 1 Alas meraih penghargaan sebagai pelaksana terbaik dalam penulusuran tamatan SMK (Tracer Study) dalam ajang Anugrah Istimewa Sekolah (AISO) pada malam puncak Hardiknas 2024 bertempat di Halaman SMAN 1 Sembalun, Sabtu (04/05/2024).

Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M. Pd menyampaikan apresiasi kepada SMKN 1 Alas yang menunjukkan keseriusan dalam melaksanakan program tracer study dan berharap langkah serupa dilakukan oleh sekolah lainnya.

Penghargaan ini menjadi bukti besarnya perhatian Pemprov NTB melalui Dinas Dikbud NTB terhadap dunia pendidikan. Hal ini mengingat, tracer study merupakan instrumen penting dalam proses penjaminan mutu pendidikan vokasi.

Kepala SMKN 1 Alas Budi Susilo mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas penghargaan yang diterima SMKN 1 Alas.

"Kami keluarga besar SMK Negeri 1 Alas sanggat bangga dan bersyukur atas Penghargaan ini sebagai apresiasi kerja keras kami untuk melaksanakan Program program Unggulan Dikbud NTB," ungkapnya.

Budi juga menambahkan SMK Negeri 1 Alas ini adalah pertama kalinya dalam mendapatkan penghargaan AISO 2024 untuk Kategori Tracer Study SMK Terbaik dari Dikbud Provinsi NTB.

Adapun langkah-langkah yang kami lakukan untuk mendapatkan penghargaan ini yaitu membentuk Tim Tracer Study untuk mengetahui dan melakukan pendataan Alumni secara berkala dengan memanfaatkan teknologi yang di sebarkan melalui media sosial dan melibatkan guru, adik kelas dan masyarakat serta Dunia Usaha dan Dunia industri.

"Penghargaan ini sebagai motivasi kami untuk melaksanakan program Dikbud NTB lebih baik," tutupnya.

Untuk diketahui, Tracer study juga sangat penting karena ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi Sekolah Menengah Kejuruan, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia usaha dan industri dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.

Pewarta: Fit/Red
Editor: R7 - 01