SMAN 1 Sumbawa Besar Raih AISO 2024, Masuk Dalam Top 1000 Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Sumbawa - Reportase7.com

SMAN 1 Sumbawa Besar salah satu sekolah yang memiliki sederet prestasi. Prestasi yang di ukirpun tidak tanggung-tanggung, bahkan mencapai tingkat nasional. (11/05/2024)

Masuk dalam TOP 1000 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), penghargaan ini diterima pada malam puncak Hardiknas yang bertempat di Halaman SMAN 1 Sembalun-Lombok Timur.

Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar Ainun Asmawati, S. Pd., M. Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dikbud NTB SMAN 1 Sumbawa kembali diberi penghargaan pada ajang AISO 2024.

"Ini tentunya tidak mudah bagi sekolah kami mendapatkan penghargaan selama empat kali berturut turut untuk ajang AISO, namun dengan pemberian penghargaan yang berbeda-beda kategori tiap tahunnya," ujar Ainun.

Ainun juga menguraikan bahwa dirinya belum genap setahun di tugaskan sebagai Kepala Sekolah  di SMAN 1 Sumbawa.

"Sebelumnya saya bertugas di SMAN Moyo Utara, namun selalu mengikuti perkembangan prestasi Smanika  selama dua tahun terakhir," paparnya.

"Sejak adanya AISO SMAN 1 Sumbawa tetap memperoleh Anugerah namun dengan kategori yang berbeda beda. Tahun ini kategori yang didapatkan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal itu tentu saja sesuai dengan penilaian Dikbud NTB satu tahun ke belakang.

"Penghargaan AISO tahun ini dirasakan Ainun sapaan akrab beliau, cukup bergengsi bagi kami karena ini bisa memperkuat pengakuan masyarakat tentang standar atau mutu dari pada sekolah dan AISO ini adalah lambang dari mutu atau pengakuan tersebut," tutup Ainun.

Pemeringkatan sekolah sendiri dilakukan berdasarkan UTBK dan SMAN 1 Sumbawa Besar menjadi sekolah menengah atas terbaik ketiga di Nusa Tenggara Barat (NTB). SMAN 1 Sumbawa berada pada urutan ke-815 di tingkat nasional untuk perolehan UTBK.

Kepala Dinas Dikbud NTB H. Aidy Furqan, M. Pd, mengapresiasi perolehan prestasi SMAN 1 Sumbawa.

"Luar biasa bahagia, kerja keras anak anak kita membuahkan hasil dan mampu bersaing, bangga atas capaian ini," ujar Aidy.

Aidy juga berpesan agar sekolah terus melakukan inovasi dan berkarya memberikan kepercayaan kepada masyarakat melalui berbagai prestasi.

Pewarta: Fit
Editor: R7 - 01