Perkenalkan Kewirausahaan Sejak Dini Kepada Anak, SDN 7 Alas Gelar Market Day

Sumbawa - Reportase7.com

Upaya menumbuhkan bakat siswa anak dalam bidang wirausaha, SDN 7 Alas gelar kegiatan Market Day di halaman Sekolah, hal tersebut merupakan dari salah satu dari pengenalan kegiatan ekonomi kepada murid sejak dini, Selasa (07/05/2024)

Guru pembina wirausaha SDN 7 Alas Yuli Angrayani, S. Pd., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut di laksanakan hanya 1 hari oleh siswa kelas 4 bersama para guru yang masuk kedalam program semester sebagi kegiatan pembelajaran siswa di bidang Intrakulikurel dan kokkurikuler yang singkron dengan mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial yang bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa dan siswi dalam bidang kewirausahaan. Sehingga kedepan lapangan pekerjaan tidak harus menjadi PNS dan untuk mendapatkan penghasilan tidak harus menjadi Dokter dan tidak harus menjadi guru.

"Dengan berwirausaha mereka dapat penghasilan," capnya.

Ia juga menegaskan bahwa, kegiatan Market Day saat ini adalah kegiatan perdana di SDN 7 Alas dan akan dilanjutkan per-tiga bulan sekali untuk tahun ajaran selanjutnya.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SDN 7 Alas, Saparuddin AR. SP.d.I, menambahkan, kegiatan Market Day dihadiri oleh orang tua murid sebagai dorongan dalam kegiatan siswa yang di laksanakan oleh para guru.

"Tentu kami sebagai pimpinan disini sangat mensuport apa yang menjadi program sekolah," terangnya.

Kepala Sekolah menerangkan, terlaksananya kegiatan Market Day dengan baik atas kerjasama dari semua guru-guru serta para dukungan dari orang tua atau wali murid.

"Anak-anak nantinya akan terbiasa di dalam berwirausaha dan ini cukup bagus untuk memberikan bimbingan pembelajaran kewirausahaan dari sedini mungkin," terangnya.

Kegiatan hari ini masih kata Saparuddin AR, S. Pd.I, terlihat sangat antusias dari para pengunjung di lokasi Market Day dan secara langsung  memperlihatkan kepada semua pihak bahwa inilah aktivitas dari anak- anak SDN 7 Alas dalam mempersiapkan diri dalam berwirausaha.

"Market Day akan di gelar tiga bulan sekali," ulasnya.

Dilokasi yang sama, Nuraini, S.Pd, selaku pengawas sekokah  mengucapkan Alhamdulillah bahwa, semua program yang telah di susun oleh kepala sekolah bersama guru-guru dalam mengembangkan sekolah telah terwujud.

"Ini salah satu kopetensi kewirausahaan kepala sekolah dan guru-guru dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak setelah mereka tamat nanti dan mereka sudah punya pengetahuan tentang keterampilan yang di milikinya yang dapat digali dan dapat di praktekan," ujar Nuraini.

Kegitan serupa akan dilaksanakan satu kali dalam satu semester sehingga satu tahun akan di gelar 4 kali kegitan dan terakhirnya akan di gelar secara akbar melalui kegiatan P5 secara keseluruhan diwilayah Kecamatan Alas  dan semua sekolah.

"Ini awal kegiatan menuju kegiatan P5 nanti," tukasnya.

Pewarta: HR/Mulyadi
Editor: R7 - 01