Luluskan 362 Siswa, SMKN 1 Sikur Gelar Perpisahan Sekolah

Lombok Timur - Reportase7.com

SMKN 1 Sikur menggelar acara perpisahan kelas XII dengan mengusung tema "Tidak Ada Kata Selamat Tinggal, Yang Ada Sampai Jumpa Kembali", kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan SMKN 1 Sikur, Sabtu (11/05/2024).

Pelepasan siswa siswi SMKN 1 Sikur dirangkaikan dengan penyerahan santunan bakti stunting, kemudian penyerahan siswa siswi kelas XII kepada orang tua atau wali murid, dan penyerahan penghargaan kepada wisuda terbaik dari lima kompetensi keahlian.

Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad, S. Pd., M. Pd, dalam sambutannya mengucapkan syukur terhadap pelepasan siswa kelas XII wisuda angkatan XIV Tahun 2024.

"Alhamdulillah pada Tahun 2024 angkatan XIV terdiri dari sebelas kompetensi keahlian dua program keahlian yang terdiri dari 362 siswa," ujar Hasbi.

Lebih lanjut Hasbi mengatakan, angkatan ke XIV tahun ini sangat spesial baginya karena bersamaan dengan ia ditempatkan sebagai Kepala SMKN 1 Sikur dan bekerja keras bersama untuk membentuk siswa yang optimis.

Kemudian pada tahun 2021 SMKN 1 Sikur diberikan amanah untuk menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan) dan saat itu juga diresmikan Gerai Tefa Pujasera yaitu produk produk unggulan dari SMKN 1 Sikur yang menjadi branding. Tefa sendiri merupakan singkatan dari Teaching Factory.

Sementara Pujasera singkatan dari Pusat Barang Jasa Serba Rakyat dan inovasi dari siswa siswi kelas kuliner.

SMKN 1 Sikur memiliki sederet prestasi, salah satunya mewakili NTB untuk LKS Tingkat Nasional yang akan berlomba di Lampung pada bidang lomba Pastry and Passions.

"Semoga perwakilan dari SMKN 1 Sikur bisa mendapat tiga besar di Tingkat Nasional," harapnya.

Kepala Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur H. Saiful Islam, S. Pd., M. Pd, mengucapkan selamat kepada SMKN 1 Sikur atas kelulusan semua siswa siswi.

"Alhamdulillah untuk SMKN 1 Sikur telah lulus 100 persen, ini sangat patut kita banggakan dan bersyukur atas kelulusan ini, tetapi kalian masih banyak tugas masih harus sekolah dan sekolah lagi untuk menuntut ilmu lebih tinggi lagi," ujarnya.


Ia berpesan kepada siswa siswi yang telah lulus untuk terus menuntut ilmu, sekalipun tidak bisa belajar offline namun sudah bisa juga belajar secara online contohnya Universitas Terbuka. Tidak ada kata menyerah untuk terus belajar ke lebih tinggi lagi.

Saiful juga mengingatkan untuk tidak merayakan kelulusan dengan konvoi di jalan karena termasuk perbuatan tidak baik selain untuk membahayakan keselamatan diri sendiri juga membahayakan keselamatan orang lain.

Sementara Kepala Dinas Dikbud NTB yang diwakili Kepala Bidang SMK Ahmad Muslim, S. Pd., M.M.Inov, mengucapkan selamat kepada wisuda SMKN 1 Sikur yang meraih Juara dan Nilai Terbaik dari masing masing kompetensi keahlian.

"Untuk siswi yang berhasil maju pada LKS Tingkat Nasional merupakan hasil kerja keras sekolah yang selama ini telah membina dan mendidik siswa," ungkapnya.

"Kemudian untuk program magang ke luar negeri, kami sangat mengapresiasi dan perlu ditingkatkan untuk mendorong siswa lebih siap berkompetensi dan terserap di dunia kerja," sambungnya.

Ia juga memberi selamat kepada kepala sekolah, guru, dan komite telah terjalin kerjasama yang baik dan bersinergi yang merupakan kekuatan untuk membangun dan mengembangkan sekolah.

Pewarta: Fit
Editor: R7 - 01