PMI Dea Malela Gelar Grand Final Majelis Sholawat Samawa Bulaeng

Sumbawa - Reportase7.com

Majelis Sholawat Samawa Bulaeng menggelar lomba Cinta Sholawat dengan peserta dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Acara tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Pesantren Modern Internasional Dea Malela. (24/04/2024)

Puncak acara, yaitu grand final lomba Cinta Sholawat akan dilaksanakan di Auditorium Sang Surya, Kampus Peradaban Pesantren Modern Internasional Dea Malela (PMI Dea Malela), Desa Pemangong, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa pada tanggal 25 sampai 27 April 2024.

Acara pembukaan pada 25 April sekitar pukul 08:35 WITA diawali dengan lagu Indonesia Raya, selanjutnya laporan ketua panitia lomba, dan sambutan pengasuh PMI Dea Malela, Prof. Din Syamsuddin. Dilanjutkan hiburan antara lain Pentas Eksibisi KSSM, serta dilanjutkan  grand final lomba yang akan dimulai sekitar pukul 11:00 wita.

Untuk malam penutupan pada 27 April, yakni pembukaan diawali pembacaan Kalam Ilahi, dilanjutkan Sholawat bersama dan sambutan-sambutan oleh pengasuh PMI Dea Malela, Bupati Sumbawa dan Bupati Sumbawa Barat. Acara diakhiri pengumuman juara lomba dilanjutkan pemberian hadiah dan hiburan persembahan para juara. Acara yang spektakuler ini undangan terbuka untuk publik.

Membumikan Sholawat

Ketua Majelis Sholawat Samawa Bulaeng, Agus Irawan Syahmi yang akrab disapa Ais kepada Parama Sumbada kepada media ini menjelaskan, tujuan Lomba untuk membumikan sholawat sebagai gerakan pemajuan  kebudayaan Islam di Tana' Samawa.

Mengacu dari tujuan tersebut, Ais berharap lomba ini dapat mengelaborasikan dengan Lawas Samawa sebagai cara untuk mengembangkan dan melestarikan kesusastraan Samawa atau lawas.

Selain itu, lanjut Ais, diharapkan juga dapat memaksimalkan fungsi Majelis Taklim, Sanggar Seni dan Remaja Masjid dalam gerakan pemajuan kebudayaan.

"Melahirkan kecintaan publik pada sholawat sebagai salah satu pintu interaksi antar ummat Islam dalam pembangunan peradaban dunia Islam," terang Ais.

Bebarapa tahapan yang telah dilewati oleh peserta Group Majelis Sholawat Samawa Bulaeng diantaranya;

1. Babak Penyisihan tanggal 6 Desember 2023 s/d 15 Januari 2024 dengan jumlah Peserta 98 Group. Menggunakan Live Streaming Facebook Group Majelis Sholawat Samawa Bulaeng.

2. Babak Semifinal tanggal 18 Januari s/d 6 Februari 2024 dengan jumlah peserta 69 Group. Menggunakan Live Streaming facebook Group Majelis Sholawat Samawa Bulaeng.

3. Babak Grand Final di Auditorium Dea Malela tanggal 25 - 27 April 2024 dengan jumlah peserta 38 Group.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01