Miq Gita Resmi Melantik H. Ilham Sebagai Pj Bupati Lombok Barat

Lombok Barat - Reportase7.com

Penjabat Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi, M. Si, resmi melantik H. Ilham sebagai Pj Bupati Lombok Barat Selasa (23/4/2024). Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Bupati Lobar disaksikan sejumlah tokoh penting Gumi Patuh Patut Patju seperti mantan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, petinggi TNI/Polri yang berdinas di Lobar, dan tokoh masyarakat lainnya.

H. Ilham sebelumnya menjabat Sekda Lobar. Ia menggantikan Pj Bupati Lobar sebelumnya Hj. Sumiatun yang masa jabatannya berakhir hari ini, Selasa 23 April 2024. Hal ini sesuai surat keputusan (SK) Kemendagri yang sudah diterima pemkab yang kemudian diteruskan ke pemprov akhir tahun lalu.

H. Ilham akan menjalani tugas sebagai Pj Bupati Lobar hingga Pilkada serentak November 2024 mendatang.

''Pj Bupati Lobar dalam kaitan mutasi kiranya harus mendapatkan persetujuan atau izin dari Kemendagri melalui koordinasi dengan Pj Gubernur NTB,'' ujar pria yang akrab disapa Miq Gite.

Menyongsong Pilkada serentak pada November 2024 mendatang, lanjut Miq Gite, sangat penting bagi semua komponen masyarakat untuk mengawal agar jalannya Pilkada di NTB dapat berlangsung aman, nyaman, damai, dan sukses.

''Dengan menegakkan prinsip demokrasi dan memastikan agar integritas proses pemilihan harus berjalan dengan baik,'' imbuhnya.

Untuk itu, Miq Gite meminta Pj Bupati Lobar maupun Pj kepala daerah lainnya di NTB untuk netral dalam memposisikan diri pada perhelatan Pilkada.

''Mari kita berikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu di daerah termasuk aparat untuk memastikan pelaksanaan Pilkada serentak berjalan aman dan lancar,'' ucapnya.

Terkait nama yang bakal mengisi Pj Sekda Lobar selanjutnya, Miq Gite menerangkan pengisian akan segera berproses untuk diusulkan dan merupakan kewenangan pemerintah daerah.

''Itu (Pj Sekda.red) ada kewenangan di daerah untuk mengusulkan. Siapa yang terbaik, siapa yang sesuai dengan kebutuhan dari Pj Bupati dan pembangunan di Lobar; silahkan diusulkan,'' ujarnya.

Pernyataan Miq Gite tersebut menegaskan bahwa tidak akan ada rangkap jabatan oleh seorang pejabat di Lobar.

''Satu jabatan itu saja sudah berat, apalagi mau dirangkap-rangkap. Nanti akan ada Pj Sekda,'' tandas Miq Gite.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01