Launching Penyaluran Bantuan Pangan, Bupati Sumbawa: Bukti Nyata Komitmen Pemerintah Dalam Menjaga Kesejahteraan Hidup Masyarakat
(Foto: Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah saat menyerahkan bantuan pangan kepada penerima bantuan secara simbolis di Kantor Bupati Sumbawa)

Sumbawa - Reportase7.com

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah melauncing penyaluran bantuan pangan di ruang Raoat H. Hasan Usman lantai II Kantor Bupati Sumbawa, turut hadir pada kegiatan twrsebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah -  Lalu Suharmaji Kartawijaya, ST, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Ir. Irin Wahyu Indarni, kepala OPD terkait, pimpinan Bulog cabang Sumbawa dan perwakilan keluarga penerima manfaat. (31/01/2024)

Kepala Dinas ketahanan pangan kabupaten Sumbawa Ir. Irin Wahyu Indarni, dalam sambutannya mengatakan, penyaluran CPP melalui pemberian bantuan dengan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan insflasi serta melindungi produsen dan konsumen.

Lanjut Airin sapaan akrabnya, sasaran penerima bantuan pangan (PBP) adalah akad miskin yang mengalami rawan pangan dan gizi di Kabupaten Sumbawa meliputi 24 Kecamatan, 165 Desa/Kelurahan penerima bantuan pangan ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat Menteri atau Kepala Lembaga sebanyak 49.581 PBP dengan jumlah bantuan 495.810 kg per bulan untuk Kabupaten Sumbawa.

Airin menerangkan bahwa, penerima bantuan pangan akan memperoleh bantuan pangan beras sejumlah 10 kilo setiap bulan selama 6 bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2024.

"Tahap 1 diberikan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2024, tahap 2 diberikan pada bulan april sampai Juni 2024 penyedia bantuan pangan berupa beras dilaksanakan oleh Perum Bulog Sub Divre wilayah Sumbawa dan PT Jasa Prima Logistik selaku transporter yang bertugas mengantarkan atau menyalurkan dari gudang Bulog sampai ke penerima bantuan pangan," ujarnya.

Di tempat yang sama Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah juga menyampaikan, launching penyaluran Cadang Panganan Pemerintah (CPP) untuk pemberian bantuan pangan tahun 2024 kepada 495.581 penerima bantuan pangan di Kabupaten Sumbawa dengan jangka waktu 6 bulan mulai bulan Januari sampai Juni 2024.

"Ini merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah dalam menjaga kesejahteraan dan keberlangsungan hidup masyarakat," cetus Bupati Sumbawa.

"Penyaluran CPP ini dihajatkan untuk mengurangi beban pengeluaran penerimaan bantuan pangan sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan kemiskinan, stunting, dan gizi buruk, keadaan darurat melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi," lanjut H. Mo, sapaan akrab Bupati Sumbawa.


Bupati merasa terhormat dan bangga dapat hadir dan bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat pihak terkait dan para mitra kerja, untuk memberikan dukungan penuh terhadap program bantuan pangan yang akan disalurkan dalam jangka waktu 6 bulan mulai bulan Januari hingga Juni 2024.

Hal tersebut akan menjadi penompang bagi kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

"Dalam situasi yang masih diwarnai oleh berbagai tantangan, seperti yang kita hadapi saat ini langkah-langkah konkret seperti program CPP ini sangatlah penting Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama dengan berbagai pihak terkait berkomitmen untuk memastikan bahwa bantuan pengendali dapat mencapai sasaran dengan tepat, efisien dan transparan," beber Bupati.

Haji Mo juga menjelaskan bahwa, program ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat.

"Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan baik dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat penerima bantuan, maupun dalam menguatkan rasa solidaritas di antara kita semua," jelasnya.

H. Mo berharap dapat sama-sama menjaga keberlanjutan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kelurga penerima manfaat selama 6 bulan kedepan.

"Mari kita bersama-sama menjadikan program penyaluran cadangan pangan pemerintah ini sebagai momentum positif untuk membangun kabupaten Sumbawa yang lebih baik, saling mendukung, bersatu dan berkolaborasi agar kehadiran program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa," tutup Bupati.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01