Hari Raya Galungan, WBP Umat Hindu Gelar Persembahyangan

Lombok Barat - Reportase7.com
Dalam rangka merayakan Hari Raya Galungan, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lombok Barat Kanwil Kemenkumham NTB yang beragama Hindu melaksakan persembahyangan bersama di Pura Padmasana Bajra Satwa Lapas Lobar, Rabu (28/02/2024).

“Kami segenap keluarga besar Lapas Kelas IIA Lombok Barat mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan khususnya bagi rekan kami warga binaan di Lapas. Kami harap mereka bisa menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri sehingga setelah bebas nanti dapat diterima oleh lingkungan masyarakat dan menjadi warga negara yang baik,” ungkap Kalapas Lombok Barat, M Fadli.

Hari Raya Galungan sendiri mempunyai makna memperingati kemenangan Dharma melawan Adharma, secara rohani manusia mengendalikan hawa nafsu yang sifatnya mengganggu ketentraman batin yang nantinya berekpresi dalam kegiatan sehari-hari baik secara individu maupun kelompok.

Sekitar pukul 08.00 WITA, persembahyangan Hari Raya Galungan dimulai. Dengan pakaian adat lengkap, para WBP yang beragama Hindu melaksanakan persembahyangan dengan penuh kekhidmatan.

Sesuai arahan Kakanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan bahwa hak ibadah setiap warga binaan baik itu muslim dan non muslim akan dijamin dan difasilitasi oleh Lapas maupun Rutan, hal ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01